Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 18 Mei 2020 20:14 WIB

TRAVEL NEWS

Salah Perhitungan, Pendaki Ini Terjerumus ke Pusaran Air Sungai

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Pendaki di Willow Creek Trail
Pendaki di Willow Creek Trail (Foto: CHP - Fresno/Facebook)
Jakarta -

Seorang pendaki terperangkap dalam pusaran air sungai. Beruntung, ia diselamatkan oleh petugas yang sedang tidak bertugas menggunakan tali dari ranselnya.

Peristiwa itu terjadi saat seorang pendaki berusia 24 tahun mencoba menyeberangi Angel Falls di California pada Sabtu (16/5/2020). Aksinya gagal. Dia malah terperangkap pusaran air pada mata air yang sangat dingin dengan kecepatan arus 50-80 kaki per detik.

Beruntung ada petugas Patroli Jalan Raya California, Brent Donley, yang terlatih dalam pencarian dan penyelamatan, lewat tak jauh dari tempatnya terjebak. Brent juga sedang hiking di daerah dekat Danau Bass di Madera County.

Ia lalu bergegas menggunakan tali dari tas punggungnya dan mengikatnya di sekitar cabang sehingga pendaki itu bisa meraihnya.

Dia melemparkan cabang kepada pendaki pria itu dan menyelamatkannya. Video penyelamatannya dirilis oleh California Highway Patrol Fresno.

Pemuda itu pun segera bisa diselamatkan. Diberitakan CNN, pendaki itu rupanya salah menilai kecepatan air saat menyeberangi Angel Falls.

Baca juga: Hawaii Isolasi Diri di Tengah Samudra Pasifik, Wisata Nanti Dulu Deh

Pertolongan ini juga tak lepas dari bantuan sekelompok pendaki lain. Pendaki yang diselamatkan itu belum disebutkan namanya.

Mereka membawanya ke tempat yang aman. Brent memberikan pertolongan pertama sampai petugas SAR tiba.

"Hal ini bisa berakhir sangat buruk jika bukan karena bantuannya," kata Kantor Sheriff Madera County, yang mendesak pengunjung untuk tidak menyeberangi air deras itu lagi.

Angel Falls adalah salah satu destinasi utama bagi pendaki di sepanjang jalur Willow Creek Trail. Lokasi ini jadi salah satu jalur paling menantang, menurut USDA Forest Service.

Jalur ini memiliki panjang sekitar lima kilometer dengan kontur pendakian sedang hingga curam. Menurut situs lokal yang dikhususkan untuk Bass Lake, jalur Willow Creek Trail berbahaya karena bebatuan yang licin di sepanjang jalannya.



Simak Video "Aksi Penjarahan di California Buntut Kematian George Floyd"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA