Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Mei 2020 22:11 WIB

TRAVEL NEWS

Pemkab Klaten Tolak Izin Tempat Wisata untuk Buka di Lebaran

Achmad Syauqi
detikTravel
Pintu masuk umbul Ponggok masih ditutup
Pintu masuk umbul Ponggok masih ditutup (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Di wilayah Klaten, beberapa tempat wisata mencoba mengajukan izin untuk buka saat Lebaran. Namun pemerintah kabupaten menolak.

Beberapa objek wisata mulai mengajukan izin untuk buka kembali menjelang Hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi Corona atau COVID-19 . Namun Pemkab Klaten menolak memberikan izin buka sebab kondisi belum memungkinkan.

"Kemarin ada yang minta izin membuka wisata desa. Tapi kami tidak izinkan dan jumlahnya baru 3 desa," kata Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Pemkab Klaten, dokter Roni Reokmito pada detikcom Rabu (20/5/2020).



Roni mengatakan desa yang mengajukan izin membuka tempat wisata berniat untuk mengembalikan pemasukan yang hilang. Namun Pemkab Klaten belum mengizinkan.

"Alasannya untuk pemasukan tapi kita tidak izinkan. Sebab kondisi saat ini masih berisiko penyebaran virus Corona," lanjut Roni.

Pembukaan objek wisata, sambung Roni, sangat berisiko dalam kondisi masih ada kasus positif saat ini. Sebab akan menimbulkan kerumunan. "Kerumunan akan tetap berisiko pada penyebaran Corona. Nanti kita patroli dan semua kita pantau," imbuh Roni.

Tidak hanya desa, wisata milik swasta yang akan buka, lanjut Roni belum akan diizinkan. Pemkab akan melaksanakan patroli dan meminta laporan dari para camat di wilayah.

"Jika nekat ya kita operasi. Meskipun belum ada sanksi dan sanksi hukuman memang kita hindari mungkin diperingatkan saja," pungkas Roni.

Meskipun Pemkab melarang, di Facebook mulai muncul postingan rencana pembukaan objek wisata. Salah satunya kolam renang dan kuliner di Kecamatan Delanggu.

Dalam unggahan, pengelola menuliskan "untuk kakak2, adik2, ibu2, bpk2 yg sudah bosan di rumah dan pengin refreshing sekalian makan,... lebaran ke 2 tgl 26 Mei 2020, Senin,mulai buka jam 8 pg... sesuai protokoler covid.."

Direktur BUMDes Tirta Mandiri, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Joko Winarno mengatakan belum ada rencana membuka objek wisata umbul Ponggok.

" elum ada rencana buka. Tutup dari 17 Maret sampai sekarang dan jika dihitung kerugian rata-rata kami Rp 400- 500 juta per bulan," ungkap Joko pada detikcom.

Bahkan jika lebaran, sambung Joko omset bisa Rp 1 miliar. Jika dihitung sejak tutup sampai lebaran maka kerugian total bisa mencapai Rp 2 miliar. "Kalau dihitung sejak tutup sampai lebaran, ruginya sekitar Rp 2 miliar. Tapi mau bagaimana lagi," pungkas Joko.








Simak Video "Jempol! Warga Klaten Ini Bikin APD dan Bagikan Gratis ke 60 RS"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA