Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Mei 2020 22:12 WIB

TRAVEL NEWS

AS Batasi Perjalanan Tak Penting 30 Hari Lagi

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Sunset di Los Angeles.
Foto: (Los Angeles Tourism Board)
Washington DC -

Amerika Serikat belum melonggarkan lockdown virus Corona. AS menambah durasi pembatasan perjalanan tak penting warganya.

Dikutip dari Channel News Asia, Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada mengumumkan untuk memperpanjang larangan perjalanan lintas batas yang tak penting hingga 30 hari mendatang. Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa perbatasan darat pertama kali diberlakukan di pertengahan Maret dan rencananya berakhir pada Rabu (20/5).

Tapi, perbatasan perjalanan tak penting untuk mencegah penambahan kasus virus Corona itu diperpanjang hingga 22 Juni 2020. Kementerian Luar Negeri Meksiko menegaskan pembatasan itu ditambah hingga 30 hari lagi.

"Ini adalah keputusan penting yang akan membuat orang-orang di kedua negara kami aman," kata Perdana Menteri Kanada, Justin Trunedau.

Menurut pusat pengendalian penyakit dan urusan darurat kesehatan pencegahan AS, Amerika Serikat juga akan memperluas peraturan terkait pandemi yang memungkinkan para migran yang ditangkap di perbatasan AS dideportasi dengan cepat.

Peraturan ini pertama kali dikeluarkan pada bulan Maret dan diperbarui pada bulan April. Dalam prosesnya, aturan akan diperpanjang untuk jangka waktu yang tidak terbatas dengan akan ditinjau oleh pejabat kesehatan AS setiap 30 hari.

Trudeau mengatakan jika masyarakat mulai kembali melakukan perjalanan tidak penting, Kanada tak akn mengizinkan. Pelaksana tugas Kepala Keamanan dalam Negeri AS, Chad Wolf, mengatakan bahwa Washington akan memeriksa bagaimana Kanada dan Meksiko menangani wabah ini.

"Hal yang tidak ingin kami lakukan adalah mencoba membuka sebagian aktivitas ekonomi kamu dan menyebabkan banyak orang yang datang melintasi perbatasan, yang belum kami lihat dalam 50 atau 60 hari terakhir," kata Chad.

Chad menambahkan bahwa jumlah perjalanan tak penting telah turun hingga 60 hingga 70 persen.

(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA