Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Mei 2020 13:45 WIB

TRAVEL NEWS

Eropa Membuka Diri, Turisnya Bisa Berjemur Lagi

Putu Intan
detikTravel
Eropa Membuka Diri, Turisnya Bisa Berjemur Lagi
Social distancing di pantai di Prancis (Foto: AP)
Jakarta -

Masyarakat Eropa akhirnya bisa merasakan sinar matahari di hari libur akhir pekan sejak lockdown dilonggarkan. Eropa juga terus menggodok kebijakan kunjungan wisatawan asing di musim panas usai pandemi virus Corona.

Dilansir dari Associated Press, Kamis (28/5/2020) beberapa keluarga Prancis terlihat bersantai di Pantai Grande Motte yang terletak di kawasan Laut Mediterania pada hari Minggu lalu. Mereka menikmati pantai itu dengan berenang dan berjemur.

Tak seperti yang sudah-sudah, kini pelancong itu menjaga jarak satu sama lain. Jaga jarak sosial (social distancing) di pantai itu diatur dengan menancapkan tiang kayu yang tiap sudutnya dihubungkan menggunakan tali. Pantai ini pun memiliki beberapa petak dengan masing-masing seluas 8 meter persegi yang dapat dimanfaatkan setiap pengunjung.

Selain itu, sebelum berkunjung ke pantai ini, pengunjung wajib melakukan reservasi online secara gratis. Pengunjung juga harus bersabar karena banyak yang harus menunggu giliran sampai dua hari saking banyaknya peminat.

Foto: AP

Sementara itu di tempat lainnya di Prancis, pantai-pantai juga dibuka tetapi hanya diperuntukkan bagi kegiatan olahraga individu atau berjalan kaki. Pengunjung tidak diperkenankan untuk duduk-duduk atau berjemur.

Di sisi lain, Spanyol sebagai destinasi favorit turis asing yang mendapatkan pukulan terparah akibat Corona belum berencana membuka diri untuk wisatawan mancanegara sampai 1 Juli 2020. Pemerintah Spanyol mulai mengampanyekan agar warga menyiapkan liburan di akhir Juni.

"Datanglah di bulan Juli, kami akan mengizinkan kedatangan wisatawan asing ke Spanyol dalam kondisi aman. Kami akan menjamin bahwa wisatawan tidak berisiko dan tidak membawa risiko ke Spanyol," kata Perdana Menteri Pedro Sanchez.

Foto: AP

Untuk di dalam negeri, Spanyol sudah memperbolehkan bar dan restoran beroperasi dengan membatasi kapasitas maksimal 50 persen dari kondisi normal. Selain itu, masyarakat di sana juga sudah boleh berjemur di pantai, dengan tetap menjaga jarak satu sama lain sejauh 4 meter.

Tak hanya Prancis dan Spanyol, Italia juga sudah memperbolehkan warganya untuk menikmati pantai dengan tetap melakukan sejumlah pembatasan. Negara itu baru akan membuka perbatasan regional dan internasional pada 3 Juni mendatang.



Simak Video "Asyiknya Berkelana di Eropa dengan Kereta Kuno Bohinj"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA