Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 28 Mei 2020 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

20 Tahun Tinggal di Jepang, Panda Ini Akhirnya Mudik ke China

Putu Intan
detikTravel
Panda Tan Tan
Panda Tan Tan (Foto: Facebook Global Panda Global)
Kobe -

Panda raksasa bernama Tan Tan dipulangkan ke China setelah 20 tahun menghibur pengunjung Kebun Binatang Kobe Oji, Jepang. Kenapa?

Dilansir dari Asahi, Kamis (28/5/2020), kebun binatang itu mengumumkan bahwa Tan Tan adalah satu-satunya panda di sana yang dikembalikan ke negara asalnya, China. Tan Tan dipulangkan karena masa tinggalnya di Jepang telah habis.

Tan Tan dibawa ke Kebun Binatang Kobe Oji pada 16 Juli 2000 sebagai bagian dari kerja sama antara Jepang dan China dalam program pengembangbiakan panda. Kerja sama itu disetujui oleh China Wildlife Conservation Society dimana panda betina itu akan tinggal di Jepang bersama pasangannya, Kou Kou selama 10 tahun.

Tapi, masa tinggalnya itu diperpanjang lagi selama 10 tahun karena Kou Kou mati pada September 2010. Kou Kou meregang nyawa karena menderita serangan jantung setelah gagal pulih dari anestesi dalam program inseminasi buatan.

Dikutip dari Grapee, Tan Tan sebenarnya telah berhasil mengandung secara natural pada 2007. Sayangnya, bayinya itu mati. Ia kembali melahirkan seekor bayi panda pada 2008 namun malangnya bayi itu meninggal 3 hari kemudian.

Sembari berusaha memberikan keturunan, kedatangan Tan Tan ke Jepang ini telah menghibur warga Kobe. Apalagi saat ia pertama datang, warga Kobe masih mencoba bangkit dari gempa besar pada tahun 1995.

"Tan Tan datang ke Kobe untuk menghibur orang-orang dan ia dicintai anak-anak. Kami sangat mengapresiasi apa yang telah ia lakukan," kata Kepala Kebun Binatang Kobe Oji, Horoyuki Ueyama pada 19 Mei lalu.

Otoritas Kobe sebelumnya telah meminta agar masa tinggal Tan Tan diperpanjang lagi namun otoritas di China mengatakan bahwa panda yang telah berusia lanjut harus dirawat di habitat aslinya. Dikutip dari Nippon, Tan Tan akan ditempatkan di pusat konservasi di Provinsi Sichuan namun sampai sekarang jadwal kepulangannya ke China belum disepakati karena pandemi COVID-19.

Sebagai ucapan terima kasih pada Tan Tan, pihak kebun binatang berencana melaksanakan acara perpisahan dengan melakukan kampanye 'Terima Kasih Tan Tan'. Mereka akan memamerkan dan menjual berbagai koleksi foto berkesan dan barang-barang yang terkait dengan Tan Tan.



Simak Video "Pesona Panda China di Kebun Binatang Moskow di Tengah Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA