Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 31 Mei 2020 05:15 WIB

TRAVEL NEWS

Beruang Putih yang Langka Terlihat Asyik Bermain di Kanada

Putu Intan
detikTravel
Beruang Grizzly Putih
Beruang putih bermain-main di Kanada (Facebook The Rimrock Resort Hotel)
Jakarta -

Beruang putih tertangkap kamera di wilayah Kanada. Beruang ini disebut langka karena bukan merupakan jenis beruang kutub dan punya warna yang tak biasa.

Jika mendengar tentang beruang putih, mungkin traveler langsung teringat beruang di Kutub Utara. Tapi jangan salah, ternyata ada beruang putih lainnya yang tidak tinggal di wilayah kutub, lo.

Beruang grizzly berambut putih baru-baru ini tertangkap kamera warga di Taman Nasional Banff, Kanada yang letaknya di wilayah Pegunungan Rocky. Dilansir dari Travel and Leisure, Rabu (27/5/2020), beruang ini pertama kali dilihat Cara Clarkson yang kemudian diabadikan dalam video.

Kala itu Clarkson sedang bepergian bersama dengan suami dan anak lelakinya. Di tengah perjalanan, mereka secara tak sengaja melihat dua ekor beruang sedang asyik bermain. Beruang itu berwarna cokelat sementara yang satunya benar-benar putih.

"Bagi kami, itu (melihat beruang putih) adalah kesempatan sekali seumur hudup. Mungkin itulah alasan kami memperlambat kendaraan kami dan memvideokan beruang itu," katanya sebagaimana diwartakan CBC.

Menurut laporan The Guardian, beruang yang dilihat Clarkson adalah beruang grizzly. Beruang grizzly merupakan jenis beruang cokelat yang tinggal di kawasan Amerika Utara seperti Alaska dan Kanada.

Termasuk dalam keluarga beruang cokelat, grizzly memilki warna rambut cokelat gelap atau pirang. Dengan kata lain, beruang putih yang Clarkson lihat itu merupakan beruang grizzly yang memang langka.

Lebih lanjut, ahli juga memastikan bahwa beruang itu juga bukan beruang albino dan bukan jenis Kermode yang berbeda dengan spesies grizzly. Para ahli justru menjelaskan rambut beruang berwarna putih itu bisa muncul karena mutasi gen yang langka.

"Ini hewan yang sangat unik. Saya sendiri belum pernah melihat beruang putih," ujar ahli ekologi margasatwa, Seth Cherry.

Sementara itu ahli biologi Mike Gibeau mengimbau agar masyarakat tidak mengganggu beruang putih tersebut.

"Hewan yang memiliki rupa tak biasa ini bisa menjadi buruan fotografer, jadi semakin sedikit kita membicarakannya, itu akan semakin baik," kata Gibeau dalam sebuah wawancara dengan CBC.

Clarkson juga sengaja tidak secara jelas mengungkap lokasi beruang itu tinggal. Ia dan keluarganya ingin melindungi beruang langka ini dari serbuan turis dan fotografer. Saat ini traveler yang penasaran, cukup melihat beruang itu bermain dari rekaman video saja.



Simak Video "Tegang! Bocah Ini Akhirnya Lolos dari Beruang Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA