Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 01 Jun 2020 10:50 WIB

TRAVEL NEWS

Kabar Gembira, Sabang Kembali Buka Objek Wisata

Agus Setyadi
detikTravel
Kilometer Nol Indonesia di Sabang
Foto: Nurfauzan Shiddiq/d'Traveler
Sabang -

Objek wisata di Sabang, Aceh sudah dibuka lagi. Traveler bisa kembali berwisata asalkan mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona.

Pembukaan objek wisata Sabang itu diumumkan oleh Wali Kota Sabang Nazaruddin. Dia berpatokan kepada Surat Edaran (SE) bernomor 440/3111 tanggal 1 Juni 2020 tentang pengaturan aktivitas transportasi penyeberangan dan wisata dalam rangka penanganan COVID-19 di Kota Sabang.

"Pemko Sabang telah membuka kembali destinasi wisata di Kota Sabang, dengan menerapkan protokol kesehatan meliputi penggunaan masker, penyediaan sarana cuci tangan dan alat pengukur suhu tubuh" kata Kepala Bagian Umum dan Humas Pemko Sabang, Bahru Fikri kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Traveler yang ingin ke Sabang dapat menggunakan kapal ferry dan kapal cepat yang beroperasi sebanyak satu kali per hari. Menurut Bahrul, Pemko Sabang menerapkan pembatasan jumlah penumpang maksimal 50 persen dari kapasitas kapal.

Ada sejumlah syarat yang ditetapkan bagi calon penumpang kapal. Khusus untuk warga ber-KTP dan berdomisili di Sabang, wajib melaksanakan pemeriksaan kesehatan di pelabuhan.

Sedangkan bagi yang ber-KTP luar Sabang, wajib melengkapi surat kesehatan yang dikeluarkan rumah sakit, Puskesmas, atau klinik kesehatan lainnnya.

"Bagi calon penumpang dari unsur ASN, TNI/Polri, pegawai BUMD dan BUMN dan pegawai swasta yang bekerja di Sabang, cukup menunjukkan surat identitas bekerja di Sabang dari instansi masing-masing," ujar Bahrul.

Sementara calon penumpang dari luar Provinsi Aceh atau memiliki riwayat perjalanan 14 hari sebelumnya dari daerah transmisi lokal COVID-19, wajib memiliki surat yang menunjukkan negatif Corona dari berdasarkan tes swab.

Bahrul menjelaskan, Pemko Sabang juga sudah membuka kembali hotel dan tempat penginapan lainnya. Namun tetap mengedepankan kedisiplinan serta patuh protokol kesehatan pencegahan Corona.

"Pengusaha hotel atau penginapan harus melakukan penyemprotan cairan disinfektan setiap harinya. Physical distancing dan protokol kesehatan COVID-19 harus tetap dijalankan sebagaimana mestinya," ujarnya.

Seperti diketahui, Sabang termasuk salah satu zona hijau di Aceh. Hingga kini, belum ada kasus positif Corona di kota paling barat Indonesia ini.

----

Traveler punya pengalaman traveling di berbagai tempat menarik? Kirim artikelmu di Link Ini



Simak Video "Museum Tsunami Aceh, Sejarah Kebencanaan Terbesar"
[Gambas:Video 20detik]
(agse/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA