Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Jun 2020 05:49 WIB

TRAVEL NEWS

Lockdown Afrika Selatan Dilonggarkan, Warganya Malah Antre Beli Miras

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Wabah Corona yang terjadi di Afrika Selatan membuat perekonomian warga terdampak. Warga pun rela antre pembagian makanan hingga tiga lapis.
Foto: Ilustrasi warga Afrika Selatan (AP Photo/Themba Hadebe)
Macassar -

Afrika Selatan mulai melonggarkan aturan lockdown buat warganya. Kesempatan ini malah digunakan warga buat antre beli minuman keras (miras). Duh!

Antrean warga tampak mengular, bukan di depan toko sembako, melainkan di depan toko minuman keras (miras). Peristiwa tersebut ada di Macassar, sebuah kota kecil pinggiran tak jauh dari Cape Town, Afrika Selatan.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (4/6/2020), antrean warga terjadi karena mereka ingin membeli dan menyetok minuman keras sebagai persediaan di rumah. Hal itu dilakukan karena sudah 2 bulan ini toko-toko ditutup akibat kebijakan lockdown yang dilakukan oleh Pemerintah Afrika Selatan.

Kebijakan lockdown diambil untuk menekan laju penyebaran virus Corona di negara tersebut. Selain lockdown, penjualan miras rupanya sudah dibatasi sejak tanggal 26 Maret, sekitar 2 bulan yang lalu.


Namun perlahan-lahan, kebijakan lockdown yang diambil oleh pemerintah Afrika Selatan mulai dilonggarkan. Kesempatan itulah yang digunakan sebaik-baiknya oleh warga untuk mengantre beli minuman keras.

Tak tanggung-tanggung, mereka mulai antre di depan toko miras sejak pagi buta, jauh sebelum jam buka toko tersebut. Salah satu warga bahkan menyebut dirinya sudah antre sejak pukul 04.30 pagi waktu setempat.

"Ini sungguh dua bulan yang panjang," kata Tony van Schalkwyk, salah satu warga seperti dikutip dari ABC News.


Para warga sampai harus membawa boks plastik sendiri guna membawa botol-botol miras yang mereka beli. Dari bir, hingga wine beraneka jenis nyaris ludes diborong warga.

Di Kota Johannesburg, kerumunan warga langsung bersorak gembira begitu petugas supermarket membuka kunci rak yang berisi minuman keras. Seketika rak-rak tersebut pun langsung diserbu oleh para warga yang sudah tidak sabar ingin segera minum miras.

Pemerintah Afrika Selatan sendiri membatasi penjualan miras hingga hari Kamis (4/6) dari mulai pukul 09.00 pagi hingga 15.00 waktu setempat.



Simak Video "Penyanderaan-Penembakan di Gereja Afrika Selatan, 5 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA