Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jun 2020 06:17 WIB

TRAVEL NEWS

Nekat Buka, Bar Shisha di Jerman Jadi Klaster Baru Corona

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Cozy room with bright sun from the window and furniture - hookah room
Foto: Ilustrasi Bar Shisha (Getty Images/iStockphoto/andreygonchar)
Gottingen -

Sebuah bar shisha di Jerman nekat buka diam-diam saat sedang lockdown. Ternyata, bar ini malah jadi klaster baru penyebaran virus Corona di Jerman.

Sebuah bar shisha di kota Gottingen yang tidak disebutkan namanya, jadi klaster baru penyebaran virus Corona di Jerman. Kasus positif COVID-19 pertama pengunjung bar ini dilaporkan pada Selasa (26/5) pekan lalu.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Kamis (4/6/2020), bar shisha tersebut nekat buka secara diam-diam meski sudah ada larangan dari pemerintah Jerman. Akibatnya, ada sekitar 310 pengunjung yang berpotensi tertular COVID-19.


Masih belum jelas bagaimana atau siapa yang pertama kali menularkan COVID-19 di bar tersebut. Namun menurut petugas dinas kesehatan setempat, penularan diduga terjadi lewat penggunaan shisha yang ada di bar itu.

"Bar itu sekarang ditutup dan proses sanksi denda sedang dilakukan," ujar Cordula Dankert, juru bicara pemerintah kota Gottingen.

Sampai saat ini, sudah ada 68 orang yang positif tertular virus Corona dalam klaster bar shisha tersebut. Petugas kesehatan setempat kini tengah melacak dan mengidentifikasi semua kontak pengunjung yang pernah berkunjung ke bar tersebut.


Bar shisha itu diketahui menerima ratusan tamu secara diam-diam selama periode lockdown berlaku di Jerman. Hingga saat ini, masih ada lebih dari seratus pengunjung bar tersebut yang belum melakukan tes COVID-19.

Saat panggilan pertama untuk tes COVID-19, hanya ada beberapa orang saja yang datang. Sekarang panggilan kedua sudah dilakukan secara tertulis, ditambahi ancaman sanksi denda besar menanti jika yang bersangkutan tidak hadir.

"Bagi kami, ini situasi yang sangat serius, dan kelanjutannya akan tergantung dari hasil tes nanti," tutup Cordula.



Simak Video "Kemenangan Perdana Die Mannschaft di UEFA Nations League"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA