Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 05 Jun 2020 15:45 WIB

TRAVEL NEWS

Austria Membuka Perbatasan Bagi Negara Tetangga, Kecuali Italia

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Menteri Luar Negeri Austria, Alexander Schallenberg
Foto: Menteri Luar Negeri Austria, Alexander Schallenberg (Österreichisches Außenministerium/Facebook)
Wina -

Austria mulai membuka perbatasan bagi negara-negara tetangganya. Namun ada satu negara yang dikecualikan karena pertimbangan kasus Corona yang masih tinggi.

Dilansir Travel and Leisure, Austria telah mencabut pembatasan perjalanan bagi negara di sekitarnya seperti Jerman, Swiss, Slovakia, Slovenia, Republik Ceko, Hongaria, Lichtenstein mulai Kamis (4/6). Ada satu negara yang masih tidak diizinkan untuk melalui perbatasan, yaitu Italia.

"Tujuan kami yang jelas adalah membuka segera (perbatasan bagi) Italia setelah angka (kasus corona) yang memungkinkan," kata menteri luar negeri Austria, Alexander Schallenberg pada laman Facebook.

Austria sebenarnya ingin membuka perbatasan pada semua negara. Namun Menteri Luar Negeri tak ingin usaha mencegah penyebaran virus Corona gagal karena meremehkan kasus Corona yang masih tinggi di negara tertentu.

"Kami ingin kebebasan penuh untuk melakukan perjalanan sesegera mungkin. Tetapi tidak harus meletakkan segala yang kita kerjakan beberapa bulan terakhir dengan risiko yang ringan. Untuk bepergian ke luar negeri, akal sehat dan tanggung jawab berlaku!," kata Schallenberg

Keputusan Austria untuk mengecualikan Italia sebagai hotspot virus Corona pertama di Eropa muncul saat Italia mulai membuka pembatasan internasionalnya pada Rabu (3/6). Italia pun menjadi negara Eropa pertama yang sepenuhnya terbuka untuk perjalanan internasional dengan tidak memberlakukan karantina selama 14 hari.

Sebulan lalu, Italia telah membuka toko, restoran dan juga museumnya. Lalu pada Rabu (3/6), Association Press mencatat, kereta api dengan kecepatan tinggi antar wilayah pun telah kembali melayani masyarakat. Bagi penumpang yang akan masuk ke stasiun akan melalui pemeriksaan suhu.

Akan tetapi, menurut Menteri Luar Negeri Italia, Alexander Schallenberg, untuk saat ini masih terlalu dini untuk mengizinkan orang Italia memasuki Austria. Hal ini terkendala karena angka virus Corona yang masih tinggi di Italia.

"Untuk Italia, sayangnya angka-angka pandemi belum memungkinkan langkah seperti itu. Saya menekankan belum," kata Schallenberg, menurut Reuters.

Selain Austria yang telah membuka perbatasan bagi negara tetangganya, Jerman akan mencabut sebagian besar pembatasan perjalanan dari negara0negara Eropa mulai 15 Juni 2020, menurut Reuters. Pada tanggal yang sama, Uni Eropa secara keseluruhan pun ingin membuka akses bagi wisatawan.

Sampai Kamis (4/6) Austria memiliki jumlah kasus Corona sebanyak 16.771 dengan 15.672 orang sembuh dan 670 meninggal dunia.



Simak Video "Dalam Sehari 250 Tewas dan 2.000 Terinfeksi Corona di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA