Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jun 2020 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Perpusnas Siapkan Protokol Untuk New Normal, Tapi Belum Buka

Syanti Mustika
detikTravel
Perpustakaan Nasional Indonesia
Perpusnas Foto: (Agung Pambudhy/detikcom)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
Jakarta -

Pemprov DKI telah mengizinkan beragam tempat, termasuk perpustakaan untuk buka kembali di masa transisi. Kapan ya Perpustakaan Nasional dibuka kembali?

Masa PSBB di Jakarta di perpanjang dan menjelang akhir Juni Jakarta akan berada di masa transisi. Di masa ini Gubernur Anies telah memberikan lampu hijau untuk beberapa tempat mulai melayani publik, salah satunya perpustakaan.

Dalam rilis yang diterima detikcom, Perpusnas saat ini sedang menyiapkan protokol kesehatan dalam menghadapi new normal. Jika skenario telah usai, mereka baru akan kembali melayani publik.



"Kami sedang susun strategi untuk penerapan new normal yang bertujuan menunjang aktivitas pelayanan Perpustakaan Nasional sebelum dibuka kembali untuk umum," ungkap Kepala Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas, Joko Santoso.

Infografis Perpustakaan Nasional IndonesiaInfografis Perpustakaan Nasional Indonesia Foto: Luthfy Syahban


Penyiapan strategi dilakukan Perpusnas melihat kondisi pandemi Covid-19 yang belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Langkah ini dirasa perlu dilakukan sesegera mungkin agar efektivitas pelayanan kembali berjalan. Perpusnas menjamin cara strategis tersebut nantinya sudah sesuai dengan situasi dan kebutuhan kenormalan baru.

"Untuk informasi kapan pustaka akan buka nanti kami umumkan di media sosial dan website," tambah Joko.

Perpustakaan kini tak lagi menjadi tempat yang membosankan. Seperti Perpustakaan Nasional yang digadang-gadang sebagai perpustakaan tertinggi di dunia ini. Intip jeroannya yuk!Perpustakaan kini tak lagi menjadi tempat yang membosankan ( Foto: Agung Pambudhy)


Bagi traveler yang butuh layanan perpustakaan, bisa dilakukan secara online. Selama WFH diberlakukan di masa pandemi Covid-19, Perpusnas tetap membuka layanan perpustakaan secara daring (online).

Sekedar informasi, terkait waktu pembukaan tempat wisata di masa transisi, pihak Pemprov DKI Jakarta pun sudah memberikan tanggalnya. Antara lain:

Rumah makan (mandiri): 8-14 Juni
Mal: 15-21 Juni
Taman rekreasi indoor/outdoor: 15-21 Juni
Kebun binatang: 15-21 Juni
Museum/galeri: 8-14 Juni
Perpustakaan: 8-14 Juni
Taman/RPTRA: 8-14 Juni
Pantai: 8-14 Juni

Hanya untuk bioskop, gedung pertemuan, festival dan lainnya, masih menunggu keputusan lebih lanjut di masa transisi fase II mendatang. Di mana keputusannya akan merujuk kembali pada evaluasi dari masa transisi fase I di bulan Juni ini.




Simak Video "Menyusun Benang Merah Keberadaan Museum Tertua di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)

FOKUS BERITA

New Normal Pariwisata
BERITA TERKAIT
BACA JUGA