Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jun 2020 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Kecam Rasisme, Pilot Gambar Kepalan Tangan di Langit

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Bentuk protes anti rasisme oleh pilot Kanada.
Foto: (Facebook)
Halifax -

Bentuk protes pada rasisme tak hanya terjadi di Amerika, tapi juga di Kanada. Hal itu pun disuarakan oleh seorang pilot lewat 'lukisannya' di langit.

Kematian George Floyd di Amerika turut mengundang simpati di seluruh dunia. Salah satunya dilakukan oleh seorang pilot bernama Dimitri Neonakis di Halifax, Kanada, pada 4 Juni lalu.

Dikumpulkan detikcom dari berbagai sumber, Kamis (11/6/2020), aksi Dimitri itu pun terekam lewat jejak penerbangannya di situs pelacak rute penerbangan Flight Aware seperti diberitakan media The Independent.


Dalam penerbangannya yang berdurasi sekitar 2 setengah jam tersebut, Dimitri diketahui terbang berputar di langit Halifax dan membentuk pola berupa kepalan tangan yang jadi simbol solidaritas dan perlawanan akan kematian George Floyd.

Selain terlacak oleh situs Flight Aware, Dimitri pun juga mengunggah jejak penerbangannya tersebut di laman Facebook pribadinya.

"Didedikasikan untuk George," disertai dengan unggahan foto George Floyd.

Dalam unggahannya, Dimitri menjelaskan kalau ia terbang sekitar 330 mile dan membentuk pola yang jadi simbol bentuk dukungan. Diakui, aksinya itu adalah spontanitas.

"Ketika saya berada di atas sana dan terbang bebas, kata mendiang George Floyd 'saya tidak bisa bernafas' menghantui pikiran saya beberapa kali.

Dimitri sendiri berujar, kalau ia melihat dunia yang terdiri dari aneka ras dengan berbagai warna kulit. Ia pun menyatakan protesnya pada semua bentuk rasisme.

"Akhiri rasisme," tutup Dimitri di akhir pesannya.

Untuk diketahui, unggahan Dimitri itu pun telah dibagikan lebih dari 4 ribu kali dan disukai dengan jumlah yang tak kalah banyak. Tak sedikit juga yang memuji aksi Dimitri.

"Kerja yang luar biasa. Kreatif, kuat, indah. Terima kasih," tulis salah satu warganet.

Aksi Dimitri tentu bukan yang pertama kali. Sebelumnya juga ada pilot yang meninggalkan jejak tulisan 'Stay Home' di tengah perang melawan COVID-19 dan lainnya.



Simak Video "Ikut Demo Kematian George Floyd, PM Kanada Berlutut"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA