Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jun 2020 22:41 WIB

TRAVEL NEWS

Sumsel Terpilih Jadi Tuan Rumah Anugrah Pesona Indonesia 2021

Raja Adil Siregar
detikTravel
Kabupaten Musi Banyuasin di Sumsel
Foto: (dok Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba)
Palembang -

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah Anugrah Pesona Indonesia (API) Award 2021.

Pemkab pun menilai ini sebagai semangat baru dalam membangkitkan pariwisata di tengah pandemi COVID-19. Dalam surat nomor AJJ/AD/015/VI/2020 pada tanggal 2 Juni 2020, CEO Ayo Jalan-Jalan Indonesia, Syafa'at, menunjuk Bumi Serasan Sekate sebagai tuan rumah API. Ajang itu diselenggarakan pada November 2021.

"Kami harus mulai melakukan persiapan dalam menyambut event ini. Termasuk dinas-dinas terkait harus memberikan alternatif sektor wisata," ujar Ketua PKK Musi Banyuasin, Thia Yufada Dodi Reza, kepada wartawan, Jumat (12/7/2020).

Thia juga menyarankan kepada perangkat daerah sebagai leading sektor agar dapat memberikan alternatif pariwisata. Terutama, dengan city tour sebagai pemandu untuk mengajak tamu dari luar berkeliling di Kota Sekayu.

Kabupaten Musi Banyuasin di SumselKabupaten Musi Banyuasin di Sumsel Foto: (dok Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba)

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Musi Banyuasin, M Fariz, menyebut Musi Banyuasin sebagai tuan rumah API menjadi semangat baru bagi sektor pariwisata. Itu diharappkan menjadi obat saat pariwisata di Indonesia tengah terpuruk di tengah pendemi virus Corona.

"Ini menjadi semangat dan motivasi kami khususnya di bidang pariwisata. Terutama dalam membangkitkan pariwisata yang ada di Musi Banyuasin yang juga terkena imbas dari COVID-19," kata Fariz.

Fariz bilang penyelenggaraan event ini juga bertujuan mendorong peran berbagai pihak. Khususnya, dalam mempromosikan pariwisata daerah masing-masing.

"API telah dilaksanakan sejak tahun 2016 berlangsung konsisten sampai 2019 lalu. Selanjutnya kami akan menjadi tuan rumah kedua diluar Pulau Jawa. Di mana 2020 ini direncanakan di Provinsi Balik Papan Kalimantan Timur, namun dimundurkan pelaksaannya pada Februari 2021 karena pandemi," kata Fariz.

Kabupaten Musi Banyuasin di SumselKabupaten Musi Banyuasin di Sumsel Foto: (dok Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Muba)

Terpisah, CEO Ayo Jalan-jalan Indonesia Syafa'at mengatakan selaku penyelenggara ajang API dirinya sangat mengapresiasi Kabupaten Musi Banyuasin sebagai tuan rumah. Bahkan Musi Banyuasin dinilai siap dalan menyelenggarakan malam puncak Anugerah Pesona Indonesia Ke-6 tahun 2021.

"Kami berharap melalui moment penyelenggaraan API 2021 nantinya dapat meningkatkan, juga mengangkat seluruh potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang dimiliki Musi Banyuasin," tegas Syafa'at.

Dalam catatan detikcom, ada delapan destinasi wisata yang harus dikunjungi di daerah Musi Banyuasin. Delapan destinasi wisata itu mulai dari Taman Bupati, Danau Ulak Lia dan Toga Mangun Jaya.

Selain itu, ada pula Danau Konger Sungai Keruh, Danau Libok Sanga Desa, Bukit Pendepe, Gelanggang Remaja hingga ke spot taman Instagramable di depan rumah dinas bupati.



Simak Video "Lezat Nikmat Pindang Tulang Sapi Sekanak Palembang"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA