Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jun 2020 09:05 WIB

TRAVEL NEWS

Gitu Dong, 48% Turis Asal RI Bawa Botol Minum Sendiri Saat Liburan

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Beautiful woman with backpack looking away while hiking at field
Foto: Ilustrasi (Thinkstock)
Jakarta -

Kabar baik bagi lingkungan. Menurut hasil riset, 48% turis Indonesia membawa botol minum sendiri saat liburan. Mereka sadar ingin mengurangi limbah plastik.

Salah satu aspek penting dalam pariwisata berkelanjutan adalah soal sampah. Sekarang ini, turis Indonesia mulai sadar soal bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

Buktinya, menurut hasil riset dari Booking.com, sebanyak 48% turis Indonesia sudah membawa botol air minum sendiri saat liburan sepanjang tahun 2019 lalu. Riset ini dilakukan Booking.com secara online terhadap 20,432 responden di 22 wilayah pada bulan Maret 2020 lalu.


48% Turis Indonesia lebih memilih membawa botol air minum sendiri dibandingkan dengan membeli air minum kemasan di tempat wisata. Meski angkanya masih di bawah 50%, namun hal tersebut sudah menunjukkan kita tengah menuju ke arah yang benar.

Sementara itu, menurut hasil riset juga, sebanyak 56% responden mengatakan kalau mereka merasa frustrasi, ketika upaya mereka untuk melakukan pariwisata yang berkelanjutan tidak didukung oleh pihak akomodasi dimana mereka menginap.

Masih ada beberapa hotel yang menyediakan botol air minum kemasan di dalam kamarnya. Hal tersebut sangat disayangkan oleh sebagian turis Indonesia, karena sebenarnya mereka memiliki opsi untuk mengisi ulang air minum dan meminum dari botol yang mereka siapkan sendiri.


Selain usaha untuk mengurangi sampah plastik, turis Indonesia juga sudah mulai 'melek' terhadap jejak karbon alias Carbon Printing. Sebanyak, 34% turis Indonesia yang disurvei lebih memilih untuk bepergian jarak jauh dengan menggunakan kereta, dibandingkan mobil untuk mengurangi jejak karbon.

Hal ini menunjukkan adanya tren yang positif terkait pariwisata berkelanjutan di masa depan. Masih ada harapan bagi Indonesia untuk berubah ke arah yang lebih baik. Tinggal pilihan ada di tangan kita, apakah kita akan jadi turis yang bertanggung jawab atau jadi turis yang abai.

Pilih yang mana traveler?



Simak Video "Kembali Bekerja dan Tetap Sehat di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA