Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jun 2020 20:05 WIB

TRAVEL NEWS

4 Wisata Gunungkidul Siap Dibuka, Pantai Baron-Gunung Nglanggeran

Akibat gelombang tinggi, nelayan tak melaut, (11/6/2019).
Pantai Baron, Gunungkidul (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Gunungkidul -

Sebanyak empat tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul akan melakukan uji coba pembukaan pada tanggal 22 Juni 2020. Hal tersebut sebagai bentuk kesiapan sektor pariwisata untuk menyambut new normal.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Asti Wijayanti menjelaskan, bahwa mulai pekan ini dan pekan depan pihaknya secara bertahap melakukan simulasi di beberapa tempat wisata. Simulasi itu untuk melihat kesiapan pengelola untuk menyambut kedatangan wisatawan.

"Untuk uji cobanya diperkirakan tanggal 22 Juni, tapi baru di 4 obyek wisata saja," katanya saat ditemui wartawan di Gunungkidul, Sabtu (13/6/2020).

Keempat tempat wisata itu, kata Asti adalah Pantai Baron, Pantai Kukup, Gunung Api Purba Nglanggeran, dan Kalisuci. Dalam uji coba tersebut, nantinya wisatawan diperbolehkan masuk ke tempat wisata, namun dalam jumlah terbatas.

"Selain itu petugas akan memeriksa kesehatan pengunjung sesuai dengan protokol yang berlaku, seperti pemeriksaan suhu, mewajibkan pengunjung untuk cuci tangan dan pemakaian masker," ujarnya.

Asti menyebut, tujuan penerapan protokol COVID-19 secara ketat itu agar tempat wisata tidak menjadi tempat penyebaran virus Corona. Apalagi, Kabupaten Gunungkidul belum menjadi zona hijau.

Sementara itu, salah satu anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kalisuci, Muslam Winarto mengaku menyambut baik uji coba yang akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2020. Bahkan, pihaknya telah menyiapkan protokol COVID-19 bagi pengunjung.

"Kita sudah menyiapkan berbagai protokol kesehatan untuk menyambut wisatawan. Seperti menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan pengaman wajah untuk wisatawan dan pemandu hingga menyemprotkan cairan desinfektan setiap hari," ucapnya.



Simak Video "Tim SAR Temukan Jenazah Anggota Polisi Yang Jatuh di Tebing Pantai Grendan"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA