Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 16 Jun 2020 16:00 WIB

TRAVEL NEWS

Biadab! Singa Diternakkan di Afsel, Hanya untuk Ditembaki Turis

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Singa
Foto: Getty Images/skynesher
London/Johannesburg -

Perburuan hewan kian mencapai titik nadir. Belasan ribu raja hutan alias singa diternakan di Afrika Selatan, namun mereka hidup hanya untuk menjadi sasaran tembak para turis.

Fakta itu disampaikan oleh Lord Ashcroft dalam buku dan film yang bertajuk Unfair Game: An Exposé Of South Africa's Captive-Bred Lion Industry. Pengusaha dan filantropi itu mengemukakan fakta itu lewat hasil investigasi dia dan timnya selama 2 tahun di Afrika Selatan. Dia menyebut investigasinya itu sebagai Operasi Simba dan Operasi Chastise.

Ashcroft mengeksplorasi penangkaran singa di benua tersebut, setelah meluncurkan penyelidikan besar-besaran tentang berapa banyak kucing besar yang dibunuh baik untuk perdagangan tulang atau sebagai trofi buat para pemburu.

Dalam kutipan dari buku tersebut, yang dirilis oleh Daily Mail, Selasa (16/6/2020) Ashcroft menjelaskan setidaknya ada 12.000 singa yang dikurung di Afrika Selatan. Angka itu 4 kali lipat lebih banyak dibanding singa yang ada di alam liar.

"Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa penyalahgunaan singa di Afrika Selatan telah menjadi industri," katanya.

"Ribuan dibiakkan di pertanian setiap tahun; mereka disingkirkan dari ibu mereka ketika mereka baru berumur beberapa hari, digunakan sebagai pion di sektor pariwisata dan kemudian dibunuh dalam 'perburuan' atau hanya disembelih untuk tulang dan bagian tubuh lainnya, yang sangat berharga di pasar obat di Asia. Sebagian singa diberi makan dengan buruk, disimpan dalam kondisi sempit dan tidak higienis, dipukuli jika mereka tidak tampil untuk menghibur pelanggan, dan dibius. Sistem menyeramkan ini telah muncul di depan mata di Afrika Selatan, menimbulkan kesengsaraan pada binatang buas yang paling mulia ini dalam skala yang tak terbayangkan," paparnya.

Dari video yang dirilis di YouTube, terlihat beberapa potongan singa ditembak saat sedang berada di atas pohon, setelah jatuh, singa malang itu ditembak beberapa kali. Di bagian lain ada singa betina yang sudah tidak berdaya ditembak sampai mati.

Ada juga hewan yang ditembak di atas pikap mobil setelah dibius. Tembakannya membuat badan hewan itu terhempas sampai mobil pikap itu ikut bergerak. Belum ada tanggapan dari pihak aparat berwenang terkait peternakan singa itu.

Videonya bisa detikers lihat di bawah ini:

(Peringatan: Video memuat cuplikan gambar yang sensitif)

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Bayi Harimau, Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA