Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Jun 2020 14:40 WIB

TRAVEL NEWS

Finlandia Buka Perbatasan, tapi Tidak buat Swedia

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Siapkah Dunia Mencontoh Sistem Pendapatan Dasar Universal dari Finlandia?
Ilustrasi Finlandia (DW SoftNews)
Helsinki -

Finlandia membuka perbatasan buat para wisatawan dari negara-negara tetangga, kecuali dari Swedia. Apa masalahnya?

Finlandia mengendurkan larangan bepergian di negaranya, termasuk mulai membuka perbatasan buat para wisatawan. Warga dari negara-negara Nordik yang menjadi tetangga Finlandia, seperti Denmark, Islandia, dan Norwegia, bisa mulai berkunjung ke Finlandia mulai Senin (15/6).

Tak hanya itu, warga dari negara-negara Baltik, seperti Estonia, Latvia, dan Lithuania, juga dipersilakan masuk ke Finlandia, juga sejak Senin (15/6). Tapi ada satu warga negara tetangga yang tidak diizinkan masuk ke Finlandia, yaitu Swedia.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Rabu (17/6/2020), Menteri Dalam Negeri Finlandia Maria Ohisalo mengatakan Swedia masuk pengecualian karena negara tersebut termasuk negara yang kasus virus Corona-nya parah di benua Eropa.


Kasus positif Corona di Swedia, yang berpenduduk 10 juta orang, mencapai 46.814 kasus. Dari angka positif sebanyak itu, korban jiwanya sebanyak 4.795 orang.

Adapun Finlandia, dengan penduduk 5,5 juta jiwa, memiliki kasus positif Corona sebanyak 7.064 orang, dengan tingkat kematian mencapai 325 orang.

Ohisalo pun takut terhadap tingginya kasus positif Corona di Swedia akan menular ke Finlandia ketika perbatasan kedua negara dibuka. Untuk menghindari risiko itu, pemerintah Finlandia memutuskan menutup pintu bagi Swedia dan warganya.


Keputusan menutup pintu buat Swedia diakui berat oleh Ohisalo karena Swedia adalah negara tetangga yang sangat penting bagi Finlandia. Ohisalo juga berharap keputusan itu tidak mempengaruhi hubungan kedua negara.

"Kami harap ini tidak akan mempengaruhi hubungan kami. Kami akan meninjau kembali situasi ini bersama Swedia dalam dua pekan ke depan," ujar Ohisalo.



Simak Video "Segera Dibuka, Taman Satwa Taru Jurug Siapkan Protokol New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA