Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Jun 2020 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

5 Tempat Wisata Bandung yang Buka Saat Ini

Wisma Putra
detikTravel
Orchid Forest Lembang, Bandung
Orchid Forest Cikole (Syanti/detikTravel)
Bandung -

Jawa Barat sudah memasuki tahap new normal. Berikut 5 daerah yang sudah buka dan masih tutup untuk wisatawan.

Sejak pandemi COVID-19 terjadi di Jawa Barat, puluhan obyek wisata di Bandung Raya terdampak. Akibatnya 3-4 bulan, obyek wisata yang ada di Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang tutup sementara.

Tapi sejak diterapkannya relaksasi ekonomi di wilayah Bandung Raya, obyek wisata mulai buka kembali dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.


1. Wisata Kota Bandung

Dari sekian banyak obyek wisata di Kota Bandung, baru Saung Angklung Udjo yang sudah bisa beroperasi, selebihnya belum.

Namun, saat ini tiga obyek wisata yakni Kebun Bintang Bandung, Taman Lalu Lintas, dan Karang Setra diwacanakan akan dibuka kembali bila memenuhi protokol kesehatannya dan melakukan simulasi.

Hal tersebut terjadi karena di Kota Bandung masih dilakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional. Selain itu, Kota Bandung masih zona kuning sehingga sektor wisata belum dibuka seluruhnya.

"Kita sudah lihat tiga tempat, Karang Setra, Kebun Binatang Bandung dan Tama Lalu Lintas. Kita lihat, kita diskusi, jadi harus ada yang dilengkapi, kapasitasnya berapa, semua wahana itu harus disiapkan, tidak boleh ada kantin makanan," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kamis (18/6/2020).

Yana menyebut, seperti di Karang Setra, pengunjung boleh berenang, tapi setelah berenang protokol kesehatan itu harus dipikirkan oleh pengelola.

"Jadi mereka hanya boleh remang ya renang aja, di kolam renangnya aman, tapi pascanya, misalnya di kamar mandi, kaya gitu, jadi kemarin kita sampaikan juga, maksimalnya di kamar mandi kapasitas 10 orang menjadi 5 orang. Jadi harus ada yang jaga," kata dia.


2. Wisata Kota Cimahi


Tidak banyak obyek wisata di kota ini, karena di kota yang hanya memiliki tiga kecamatan itu hanya memiliki sejumlah obyek wisata salah satunya Wisata Alam Kampung Adat Cirendeu.

Lain dengan wilayah lainnya di Bandung Raya, di Kota Cimahi fasilitas umum seperti taman atau bangunan heritage digunakan warga sebagai tempat wisata alternatif.


3. Wisata Kabupaten Bandung


Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) sudah membuka sejumlah obyek wisata di Kabupaten Bandung.

Obyek wisata yang sudah buka di antaranya Emte Highland, Glamping Lakeside, Ranca Upas, Situ Cileunca, Situ Cisanti dan Gunung Puntang. Ada juga Dago Dream Park, Puncak Bintang, Karang Gantungan dan lainnya.

Meski sudah ada yang dibuka, ada obyek wisata di Kabupaten Bandung yang belum dibuka di antaranya Kawah Putih, Situ Patenggang, Pemandian Air Panas Cimanggu, Pemandian Air Panas Cibolang dan Kampung Singkur.

Bupati Bandung Dadang M Naser menyebut, ada beberapa syarat yang harus diterapkan agar wisata bisa dibuka pada 6 Juni.

"Persiapan buka pariwisata tanggal 6 Juni, yang lain sudah mulai tanggal 2 kami tanggal 6, Sabtu dan Minggu," kata Dadang kepada wartawan di Bale Sawala, Kabupaten Bandung, Sabtu 30 Mei.

Dadang menjelaskan saat tempat wisata resmi dibuka ada beberapa protokol kesehatan yang harus diterapkan. Itu agar dapat menghindari penularan virus Corona di tempat wisata.

Protokol kesehatan tersebut di antaranya, adanya pembatasan 30 persen jumlah pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut.

"Jadi beberapa hal yang mulai dibuka di antaranya tempat pariwisata, namun dengan standar pencegahan virus Corona," ujar Dadang.

"Pengunjungnya dibatasi 30 persen dan tidak boleh bergerombol seperti rombongan yang bereuni," dia menegaskan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA