Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Kamis, 18 Jun 2020 18:53 WIB

TRAVEL NEWS

Kini, Lebih dari Setengah Pesawat Komersial Kembali Mengudara

Boeing sementara akan menutup sementara pabriknya di Washington untuk mengurangi penyebaran virus corona (COVID-19). Penutupan berlangsung selama 14 hari.
Ilustrasi hanggar (AP/Ted S. Warren)
Jakarta -

Kini dunia telah memasuki masa transisi setelah pandemi corona. Lebih dari setengah pesawat komersial pun disebut telah mengudara kembali.

Hal itu pun diungkapkan oleh Cirium selaku penyedia sistem distribusi global (Global Distribution System) terkait data penerbangan dunia. Dilihat detikcom dari press releasenya, Kamis (18/6/2020), lebih dari 51% pesawat komersial dunia telah kembali beroperasi berdasarkan data terkini pada 16 Juni lalu.

Informasi itu pun menjadi kabar baik, karena untuk pertama kalinya jumlah pesawat di hanggar turun lebih dari 50% sejak beberapa waktu lalu akibat pandemi COVID-19. Adapun trend dirumahkannya pesawat itu terjadi sejak akhir Maret lalu.

Faktanya, imbas terburuk dari COVID-19 terhadap industri penerbangan terjadi pada pertengahan April lalu ketika dunia mencatat sekitar dua pertiga pesawat dirumahkan di dalam hanggar.

Hanya kini, data terbaru menyebutkan kalau sekitar 13.500 pesawat komersial telah aktif mengudara kembali. Menyisakan sekitar 12.700 pesawat di hanggar pesawat yang belum aktif.

Sayangnya apabila dibandingkan dengan data yang sama tahun lalu, jumlah pesawat berbadan lebar, berbadan sempit dan regional menurun hingga lebih dari 70%. Dunia penerbangan memang dibuat lesu karena corona.

Di India misalnya, jumlah pesawat di hanggar Bandara Internasional Indira Gandhi yang tadinya ada di peringkat 10 mulai turun peringkat. Alasannya, tak sedikit pesawat di bandara itu yang telah kembali mengudara.

Dari yang tadinya sempat ada 200 pesawat di hanggar saat lockdown, kini jumlahnya menyusut jadi 50 pesawat saja di Bandara Internasional Indira Gandhi. Tren serupa juga terjadi di bandara negara Asia Pasifik lainnya.

Untuk mencegah pesawat mengalami kerusakan saat di-grounded, maskapai rajin melakukan perawatan. Yang menarik pernah ada maskapai yang pesawatnya jadi sarang burung. Untung saja tim teknis tanggap dan segera memindahkan burung itu ke tempat yang aman.



Simak Video "Detik-detik Pesawat Pribadi Austria Jatuh di Laut Latvia"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA