Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Jun 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Masjid di Inggris Tawarkan Tur Virtual Selama Lockdown

Puti Yasmin
detikTravel
Pembangunan Masjid Cambridge Central telah rampung dan diresmikan pada Januari 2019 lalu. Masjid ini merupakan masjid ramah lingkungan pertama lho di Eropa.
Foto: Dok. www.cambridgemosquetrust.org./Ilustrasi
london -

Masjid di Inggris menawarkan tur virtual selama lockdown. Langkah itu dilakukan sebagai upaya mendekatkan Islam dengan komunitas di negara tersebut.

Muslim di Inggris rutin menggelar Visit My Mosque Day selama lima tahun terakhir. Tapi, tahun ini acara tersebut dilaksanakan secara virtual karena adanya lockdown.

"Jika biasanya orang-orang mengunjungi masjid, tahun ini masjid yang mengunjungi mereka (secara virtual). Kemudian, ada juga aksi membagikan masakan, makanan panas, APD, dan banyak lagi," kata Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris (Muslim Council of Britain/MCB) Harun Khan, dikutip dari About Islam, Kamis (18/6/2020).

Khan menjelaskan tur virtual masjid menjadi hal yang penting selama lockdown karena virus Corona. Kenapa?

"Peran komunitas yang paling penting adalah mendukung kelompok masyarakat yang paling rentan selama tiga bulan ini karena lockdown virus Corona," sambung dia.

Adapun, program tur virtual tersebut bekerja sama dengan The Great Get Together dan terinspirasi dari mendiang anggota parlemen Jo Cox. Rencananya acara ini berlangsung pada akhir pekan selama 60 sampai 90 menit.

Acara serupa telah dilakukan sejak tahun 2015 dan diikuti oleh 20 masjid di Inggris. Saat ini tercatat lebih dari 250 masjid telah ikut serta di tahun lalu.



Simak Video "Masjid di Irak Kembali Dibuka, Obati Rasa Rindu Salat Berjamaah"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA