Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Jun 2020 13:05 WIB

TRAVEL NEWS

Hotel Ini Sudah Pakai Sinar UV untuk Pastikan Higienitas

Angga Laraspati
detikTravel
Barack Obama dan keluarga tiba di Hotel Tentrem Yogyakarta untuk menginap.
Hotel Tentrem (Foto: Bagus Kurniawan/detikcom)
Jakarta -

Penerapan new normal saat ini sudah mulai diberlakukan di berbagai daerah, berbagai tempat pun mulai menerapkan protokol kesehatan termasuk hotel. Hotel Tentrem juga melakukannya untuk menjamin kenyamanan tamu dalam mencegah penyebaran COVID-19 di hotelnya.

Direktur Utama PT Hotel Candi Baru Irwan Hidayat mengatakan Hotel Tentrem sudah mempersiapkan segalanya dalam menyambut new normal kali ini supaya hotel tetap aman. Seperti memasang sinar UV di jalur-jalur AC untuk mengantisipasi virus yang masuk.

"Terus kemudian kamar-kamar tidur itu sekarang kita siapkan setiap ganti tamu nanti disterilisasi dengan menggunakan UV," ujar Irwan.

Lebih lanjut, Irwan mengatakan selama masa pandemi ini tingkat occupancy dari Hotel Tentrem sebesar 5-10%. Hal ini pun diakuinya membuat biaya operasional hotel semakin berat. Dirinya pun berharap keadaan ini akan segera pulih kembali.

Senada dengan Irwan, Direktur Hotel Tentrem, Mario Hidayat, mengatakan sejak pandemi ini ada berbagai protokol kesehatan yang telah diterapkan di 2 Hotel Tentrem yang berada di Semarang dan Yogyakarta. Penerapan tersebut bahkan dimulai sejak tamu masuk ke dalam hotel hingga ketika tamu sudah melakukan proses check-out

"Kita sudah mempersiapkan new standard cleaning protocol, jadi protokol kebersihan yang dilakukan sudah berbeda dari sebelum pandemi ini. Yang di mana kebersihan lebih ditingkatkan, seperti pembersihan itu harus lebih detail, bahkan setiap tamu kita berikan hand sanitizer," ungkap Mario saat ditemui detikTravel, Jumat (19/6/2020).

Tidak hanya itu, lanjut Mario, tamu juga sebelum masuk juga diperiksa suhu tubuhnya dan wajib memakai masker. Makanan pun sangat dijaga oleh pihak hotel, tamu pun diberikan sendok garpu yang sudah dibungkus secara individual jadi tidak tercampur dengan yang lain.

"Makanan juga kita bagikan, kita masak per individu jadi modelnya tidak prasmanan. Bahkan kita juga menaruh petugas untuk memencet tombol lift. Jadi, hal-hal itu sudah kita persiapkan karena pandemi ini," tutur Mario.

Sementara itu terkait hotel baru yang akan dibangun di Alam Sutera, Mario mengungkapkan dalam 1 tahun ke depan akan dimulai persiapan pembangunan dengan berkoordinasi dengan konsultan arsitek, interior, struktur, serta mekanikal & elektrikal (ME). Selain itu, untuk Hotel Tentrem, konsep yang diangkat tetap mengadopsi budaya lokal dan keunikan daerah.

"Akan tetapi, untuk Hotel Tentrem Alam Sutera, tentu akan ada konsep yang berbeda dari Tentrem di Yogyakarta dan Semarang. Saat ini sedang dikerjakan dan jika tidak ada halangan, semoga pembangunan bisa dimulai di kuartal kedua tahun depan dan selesai di kuartal terakhir tahun 2022," jelas Mario Hidayat.

Sebagai informasi, hari ini Hotel Tentrem melakukan kerja sama dengan dengan PT. Praja Karalan Perdana untuk menggarap hotel barunya di daerah Alam Sutera. Berdiri di lahan 5.500 m2 ini diproyeksikan akan mempunyai 200 kamar dengan taraf hotel bintang lima.



Simak Video "Ridwan Kamil hingga Pevita Pearce Siap Hadapi New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA