Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 21 Jun 2020 20:15 WIB

TRAVEL NEWS

Merapi Erupsi Lagi, BKB Bersihkan Abu di Candi Borobudur

Eko Susanto
detikTravel
Abu Merapi di Borobudur
Foto: Abu vulkanik di Candi Borobudur (dok. Balai Konservasi Borobudur)
Magelang -

Gunung Merapi erupsi lagi pagi tadi. Balai Konservasi Borobudur (BKB) pun melakukan pembersihan abu vulkanik pasca erupsi Merapi di Candi Borobudur.

Pembersihan abu vulkanik itu dilakukan secara manual dan akan dilanjutkan besok.

"Boleh diketahui sejauh ini hujan abu cukup deras di Candi Borobudur. Alhamdulillah waktunya tak begitu lama. Kondisi Borobudur putih, tipis. Tipisnya menyebar," kata Kepala Seksi Konservasi, BKB, Yudi Suhartono kepada wartawan, Minggu (21/6/2020).


Setelah terjadi hujan abu, kata Yudi, pihaknya bersama staf BKB langsung melakukan monitoring. Selain itu, melakukan pendokumentasian terhadap bebatuan candi yang terkena abu. Kemudian dilakukan pembersihan dengan peralatan sikat dan bukan dari besi.

"Setelah kita ketahui ada abu, saya sendiri dan beberapa teman langsung monitoring dan mendokumentasikan kondisi seluruh candi. Bagaimana yang tertutup abu, ketebalannya berapa. Ketebalannya kita gak hitung karena terlalu tipis. Kita monitor secara keseluruhan candi.

Abu Merapi di BorobudurAbu Merapi di Candi Borobudur Foto: (dok. Balai Konservasi Borobudur)



Kita melakukan pembersihan kering, dengan mengadakan sikat dan peralatan bukan dari besi. Kita sapu dan bersihkan semua, kumpulkan abunya," kata Yudi.

Pembersihan, katanya, akan dilanjutkan besok dengan vacuum cleaner. Untuk itu, besok akan dilakukan pembersihan secara menyeluruh.

"Besok kita dengan vacuum cleaner pada bagian sela-sela. Besok seluruhnya kita bersihkan. Kita vacuum di bagian tersembunyi," katanya.



Simak Video "Magelang Diguyur Hujan Abu Imbas Gunung Merapi Erupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA