Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jun 2020 15:20 WIB

TRAVEL NEWS

Momen Langka, Badak Bercula Satu Muncul di Pantai Ujung Kulon

Bahtiar Rivai
detikTravel
Momen langka badak bercula satu tengah mengasin di Ujung Kulon.
Badak bercula satu tengah mengasin di Ujung Kulon Foto: Istimewa
Serang -

Sebuah momen langka terjadi, badak bercula satu muncul di pantai Taman Nasional Ujung Kulon. Satwa ini muncul saat kawasan wisata di sana tutup karena pandemi virus Corona.

Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) Anggodo dikonfirmasi mengatakan, badak tertangkap kamera saat mengasin di pantai Cigenter. Momen langka ini diabadikan video oleh tim patroli laut sekitar tanggal 16 Juni lalu.

"Ini langka momennya, kebetulan tim patroli lewat melihat dari kejauhan ada badak," kata Anggodo saat berbincang melalui seluler dengan detikcom, Serang, Banten, Selasa (23/6/2020).

Ia menjelaskan, momen mengasin adalah momen saat satwa-satwa di Ujung Kulon pergi ke pantai. Satwa-satwa liar seperti rusa kadang juga bebas berkeliaran untuk menjilat-jilati air laut.

Saat pandemi virus corona yang membuat Ujung Kulon jadi tiada pengunjung, badak bercula satu yang sangat soliter ini juga muncul di pinggir pantai. Terlihat badak yang merendamkan badan.

Hanya saat didekati oleh tim patroli, badak bercula satu itu kemudian lari kembali ke tengah hutan. Ujung Kulon memang jadi satu-satunya habitat satwa dilindungi dan langka ini.

Selain bisa ditemukan di pantai Cigenter, sepanjang pantai di sana memang sering digunakan badak bercula satu untuk mengasin. Namun, hal itu sangat jarang bisa ditemui dengan mata telanjang.

Saat ini, tim dari TNUK masih melakukan identifikasi tehadap badak bercula satu yang terekam kamera. Belum bisa dipastikan berapa umur dan nama identitas badak tersebut.

"Itu badak dewasa kayaknya menurut pandangan saya," pungkasnya.



Simak Video "Langka! Badak Jawa Tertangkap Kamera Bergulingan di Kubangan"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA