Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 23 Jun 2020 22:05 WIB

TRAVEL NEWS

Jangan Sebut Mereka Paus Pembunuh, Panggil Saja Seguni

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
[b]Big Orca looking around[/b]
--- SEE MORE OF MY ORCA PICTURES ---
[align=
Foto: Ilustrasi Paus Pembunuh (Getty Images/sethakan)
Jakarta -

Akhir pekan lalu, sekawanan Paus pembunuh terlihat di perairan Biak Numfor, Papua. Mamalia yang juga dikenal sebagai Orca ini ternyata punya nama lokal: Seguni.

Seorang penyelam bernama Suseno berhasil mengabadikan penampakan kawanan paus pembunuh alias Killer Whale di perairan Biak Numfor, Papua lewat sebuah video pendek. Video berdurasi kurang dari 1 menit itu pun dia unggah di Twitter.

Tentu saja video itu kemudian jadi viral. Banyak yang menanggapi unggahan Suseno, termasuk salah satunya mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti.


Yang menarik, ada salah seorang traveler bernama Muhammad Iqbal yang tidak setuju bila spesies itu disebut dengan nama Paus Pembunuh. Sebabnya, hewan tersebut memiliki nama lokal sendiri yaitu Seguni.


Iqbal pun mengusulkan agar Paus Pembunuh dipanggil saja sebagai Seguni, sama seperti orang Rote memanggil spesies itu. Seguni adalah bahasa lokal orang suku Rote untuk menyebut paus pembunuh.

"Bisa, bahasa orang Rote Seguni. Saya usul kita tidak lagi menyebutnya paus pembunuh (nanti ditangkap polisi karena fitnah) atau Orca. Pakai bahasa yang ada di suku bangsa Indonesia saja," cuit Iqbal.


Iqbal juga mengusulkan hal yang sama untuk penamaan spesies Sperm Whale. Dalam bahasa Rote, Sperm Whale alias Paus Sperma disebut sebagai Koteklema.

"Begitu juga Sperm Whale, sebut saja Koteklema seperti bahasa orang Rote," imbuh Iqbal.

Ternyata usulan Iqbal ditanggapi secara positif oleh warganet lainnya. "Saya setuju dengan ini," cuit @dave_cuang.

Ada juga traveler yang baru tahu bahwa Paus pembunuh punya nama lokal Seguni.

"Ini menarik mas. Saya baru tahu kalau orca punya nama sendiri di daerah di Indonesia. Terimakasih informasinya," cuit @idmirer.


"wooooww ternyata kita punya bahasa sendiri untuk penamaan Orca dan Sperm Whale. Terima kasih mas atas informasinya!" imbuh @raziearrazi.

"Bener, mama saya org rote juga blg gtu," timpal @ReinSimonius.

Ada juga traveler yang mengusulkan supaya Seguni dimasukkan ke dalam KBBI untuk menyebut Paus Pembunuh.

"Bisa diusulkan nih masuk KBBI ya harusnya.. Mantab, Seguni.." cetus @HAND_Ok.

Kementerian Kelautan dan Perikanan pun sudah memasukkan nama lokal Seguni untuk orca. Meski memiliki nama lokal Seguni, spesies Paus Pembunuh bukanlah hewan asli Indonesia. Mereka berhabitat asli di perairan bersuhu dingin dekat Kutub Utara hingga Selatan. Mereka bisa juga ada di perairan tropis yang hangat, tapi sangat jarang terjadi.



Simak Video "Dikira Lumba-lumba, Paus Pembunuh Ini Diciumi dan Dipeluk Warga Inobonto"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA