Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 24 Jun 2020 11:21 WIB

TRAVEL NEWS

Destinasi Wisata Yogyakarta Jelang New Normal, Dispar: Sudah Siap

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo (kiri) saat memberikan keterangan
Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Rahardjo (kiri) saat memberikan keterangan (Pradito/detikcom)
Bantul -

Wisata Yogyakarta akan segera memasuki babak baru. Tak sedikit yang siap beroperasi kembali jelang New Normal.

Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan evaluasi hasil monitoring dan pendampingan destinasi wisata jelang new normal. Hasilnya, semua destinasi wisata yang mendapat pendampingan siap untuk uji coba jelang new normal.

"Dari (destinasi) pariwisata yang kita sekarang ini dampingi dan simulasi saya kira nanti sudah bisa dipastikan mereka akan siap," kata Kepala Dispar DIY, Singgih Rahardjo saat ditemui wartawan di Kantor Dispar DIY, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, Selasa (23/6/2020).

Menurutnya, ada 10 destinasi wisata yang menjalani simulasi dan siap berlanjut dengan uji coba terbatas jelang pembukaan wisata saat new normal. Dia menyebut 10 destinasi itu adalah Pantai Baron, Pantai Kukup, Nglanggeran dan Kalisuci di Kabupaten Gunungkidul.

"Karena tanggap darurat selesai di bulan ini, jadi kita siapkan dengan tatanan kenormalan baru untuk Pergub sebagai regulasi, kemudian SOP juga sudah kita finalisasi. Jadi sebetulnya kita sudah bersiap kalau kebijakan New Normal itu berlaku tanggal 1 Juli ke belakang saya kira," ujarnya.

Selanjutnya ada Puncak Becici, Pinus Pengger, Seribu Batu, Pinus Sari dan Pantai Parangtritis di Kabupaten Bantul. Terakhir, ada Tebing Breksi di Kabupaten Sleman.

"Jadi kalau yang 10 destinasi yang kita siapkan ini memang sudah cukup panjang perjalanannya," ucapnya.

"Pertama pasti kesiapan SOP yang saat ini sudah kita finalisasi. Kemudian kita lakukan pendampingan juga, pendampingan itu kita selesaikan di minggu kemarin," imbuh Singgih.

Lebih lanjut, Singgih menyebut 10 destinasi wisata itu akan menjalani simulasi yang terakhir pada tanggal 24, 25 dan 26 Juni. Usai simulasi terakhir itu berlanjut dengan uji coba pembukaan secara terbatas.

"Jadi 10 destinasi akan kita lakukan simulasi yang terakhir, lengkap dengan APD dan dilanjutkan uji coba pembukaan secara terbatas," ucapnya.

"Di uji coba sudah mulai dibuka tapi itu sangat terbatas. Uji coba pembukaan secara terbatas karena kemarin di Kalisuci (Gunungkidul) itu juga masih sangat minim pengunjungnya. Jadi ini bagian dari tahapan untuk melakukan pembukaan sebuah destinasi dan nanti akan dievaluasi," lanjut Singgih

Dia menuturkan, setelah uji coba tersebut akan berlanjut ke pembukaan destinasi wisata. Menyoal kapan pembukaan destinasi wisata di DIY, Singgih belum bisa mengungkapkannya secara gamblang.

"Jadi kita uji coba terbatas dulu, terus secara resmi Kabupaten Kota yang akan mendeklarasikan pembukaan itu. Karena kewenangan destinasi kan ada di Kabupaten Kota kecuali di (kawasan wisata) Mangunan (Dlingo Bantul) kan (kewenangan milik) provinsi (DIY)," tutupnya.



Simak Video "Rumah Hobbit dan Rumah Kerucut di Seribu Batu Songgo Langit"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA