Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 26 Jun 2020 17:00 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Pilu di Balik Viralnya Fun Water Park Jadi Kolam Lele

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Pandemi COVID-19 membuat sejumlah usaha di Indonesia tak bisa beroperasi. Renang Fun Park Water Adventure di Bogor pun beralihfungi menjadi kolam ikan lele.
Fun Water Park di Bogor diubah menjadi kolam lele. (Rengga Sancaya/detiktravel)
Bogor -

Pemanfaatan salah satu kolam renang Fun Water Park di Bogor menjadi ternak lele mengundang tanya bagi warganet. Ternyata, ada kisah pilu di balik penutupan kolam renang tersebut.

Kolam renang Fun Park Vila Nusa Indah yang berlokasi di komplek Vila Nusa Indah, Bojong Kulur, Bogor ternyata menjadi salah satu tempat andalan mata pencaharian bagi warga sekitar. Mulai dari karyawan hingga pedagang di sekitar lokasi menggantungkan hidupnya kepada kolam renang tersebut.

Sejak tak beroperasi karena banjir pada Januari ditambah pandemi virus Corona, kolam renang ini terpaksa ditutup dan merumahkan karyawan. Kejadian ini menjadi pukulan keras bagi sebagian warga Bojongkulur.

Pandemi COVID-19 membuat sejumlah usaha di Indonesia tak bisa beroperasi. Renang Fun Park Water Adventure di Bogor pun beralihfungi menjadi kolam ikan lele.Kolam Renang Fun Park Water Adventure di Bogor pun beralihfungi menjadi kolam ikan lele. Foto: Rengga Sancaya



"Karena akibat banjir kemarin Januari, kolam renang ini termasuk kena imbasnya. Kemudian ditambah COVID-19. Jadi, pihak manajemen perusahaan merumahkan karyawan, bahkan semua karyawannya dirumahkan," kata Kepala Urusan Perencanaan dan Pengawasan Desa, Mardi Ugay, kepada detikcom, Jumat (26/6/2020) di Komplek Vila Nusa Indah, Bojong Kulur, Bogor.

Sebanyak 80 persen karyawan yang bekerja di kolam renang adalah warga Bojong Kulur. Sehingga mereka mencari cara bagaimana mendapatkan penghasilan. Tercetuslah ide kolam lele tersebut.

"(Inisiatif kolam lele) dari rekan-rekan pekerja yang mereka resign karena situasi COVID-19 mereka menyambung ekonomi keluarga dengan bikin kelompok, ya kalau sifat nya untuk ekonomi kerakyatan bagus mereka inisiatif," kata Mardi.

Saat ini, kolam lele dikelola oleh lima orang mantan karyawan Fun Water Park di Bogor. Total, karyawan kolam renang Fun Water Park itu berjumlah 20 orang.

"Kalau ini inisiatif karyawan, sudah ada konfirmasi berikut informasi yang saya terima itu, bahwa mereka sudah menyampaikan izin ke pihak pemilik kolam renang," Mardi menambahkan.



Simak Video "Melihat Pesona Pulau Kunti yang Punya 'Suara Kuntilanak'"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA