Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 29 Jun 2020 13:01 WIB

TRAVEL NEWS

Politisi Minta Ganti Nama Bandara Gegara Komentar Rasis di Playboy

Dadan Kuswaraharja
detikTravel
Pesawat mendarat dan lepas landas di Bandara John Wayne, Orange County, California, AS.
Pesawat mendarat dan lepas landas di Bandara John Wayne, Orange County, California, ASFoto: Getty Images/SeeSAW
Santa Ana -

Politisi di kubu partai Demokrat di California, AS meloloskan resolusi yang meminta agar Bandara John Wayne yang terletak di Santa Ana, Orange County, California diganti namanya. Mereka menilai John Wayne, sosok seorang pemain film besar pada tahun 1940-1970an di Amerika adalah sosok yang rasis dan fanatik.

Wayne semasa hidupnya sempat mengeluarkan pernyataan yang dinilai rasis pada beberapa dekade lalu.

"Saya percaya pada supremasi kulit putih sampai orang kulit hitam dididik ke titik yang bisa dipertanggungjawabkan. Saya tidak percaya memberikan otoritas dan posisi kepemimpinan dan penilaian kepada orang yang tidak bertanggung jawab," katanya dalam sebuah wawancara dengan majalah Playboy hampir 50 tahun yang lalu seperti dilansir dari Los Angeles Times, Senin (29/6/2020).

John Wayne kemudian mengatakan bahwa meskipun dia tidak memaafkan perbudakan, "Saya tidak merasa bersalah tentang fakta bahwa lima atau 10 generasi yang lalu orang-orang ini adalah budak," ujarnya.

Dalam pernyataan berikutnya, John Wayne juga tidak merasakan penyesalan dalam hal penaklukan penduduk asli Amerika (Indian). "Saya tidak merasa kita salah dalam mengambil negara besar ini dari mereka. Apa yang disebut mencuri negara ini dari mereka hanyalah masalah bertahan hidup. Ada banyak orang yang membutuhkan tanah baru, dan orang-orang Indian dengan egois berusaha untuk mempertahankannya untuk diri mereka sendiri," kata John Wayne dalam wawancara dengan Playboy yang dilakukan tahun 1971.

"Partai Demokrat di Orange County mengutuk pernyataan rasis dan fanatik John Wayne, dan menyerukan agar nama dan patung John Waynes dihapus dari bandara Orange County, dan menyerukan Dewan Pengawas OC untuk mengembalikan nama aslinya Bandara Orange County," tulis resolusi yang disahkan pada Jumat lalu.

Resolusi tersebut menyerukan Dewan Pengawas Orange County untuk mengembalikan nama bandara seperti nama pada tahun 1979.

Resolusi Demokrat menyebutka mereka memuji gerakan nasional untuk menghilangkan simbol dan nama supremasi kulit putih membentuk kembali institusi, monumen, bisnis, organisasi nirlaba, liga dan tim olahraga Amerika, karena secara luas diakui bahwa simbol-simbol rasis menghasilkan stres dan trauma fisik dan psikologis yang kekal terutama bagi kalangan kulit hitam, orang kulit berwarna dan kelompok tertindas lainnya. "Dan penghapusan simbol-simbol rasis menyediakan proses yang diperlukan bagi masyarakat untuk mengingat tindakan kekerasan bersejarah dan mengenali korban penindasan," tulis resolusi Demokrat itu.

Pembelaan dari pendukung John Wayne


Sementara para pendukung John Wayne dan keluarganya merasa tidak ada untuk menghakimi John Wayne berdasarkan pernyataan yang dibuat hampir 50 tahun yang lalu, saat John Wayne tidak lagi hidup untuk membela atau bahkan menarik pernyataannya.

Wayne menjalani sebagian besar hidupnya di Newport Beach di Orange County, dia juga menjadi sosok politik yang kuat di kota itu dan dimakamkan di kota setelah kematiannya pada tahun 1979.


Bandar Udara John Wayne merupakan sebuah bandara internasional yang terletak di kota Santa Ana, Orange County, California. Bandara ini merupakan salah satu bandara internasional di Los Angeles yang membawa penumpang pesawat dari Amerika Serikat, serta Kanada dan Meksiko.



Simak Video "Tornado Ngamuk di AS, Truk Kebalik-Rumah Hancur"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA