Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Jul 2020 11:15 WIB

TRAVEL NEWS

4 Objek Wisata Yogyakarta Perpanjang Uji Coba New Normal

Pradito Rida Pertana
detikTravel
Pantai Kukup Gunungkidul
Pantai Kukup akan melanjutkan uji coba new normal pariwisata saat COVID-19. (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memperpanjang masa uji coba operasional empat destinasi wisata pilot project di Gunungkidul hingga akhir Juli. Enam lainnya dijajal mulai Juli.

"Jadi untuk (destinasi wisata) yang kemarin sudah melakukan uji coba operasional secara terbatas, yang hari ini sudah selesai, akan diperpanjang uji cobanya sampai akhir Juli," kata Kepala Dispar DIY, Singgih Rahardjo kepada detikcom.

Singgih bilang destinasi yang mengalami perpanjangan itu adalah Pantai Kukup, Pantai Baron, Kalisuci, dan Nglanggeran. Empat dari 10 destinasi wisata yang menjadi pilot project itu telah melakukan uji coba sejak tanggal 22 Juni dan 24 Juni 2020.

"Karena untuk (Pantai) Baron dan (Pantai) Kukup sudah cukup lumayan menggerakkan ekonomi di sana," kata Singgih.

Nah, pada enam destinasi lainnya di Yogyakarta, Singgih bilang, akan memulai uji coba secara terbatas pada awal bulan Juli. Keenam destinasi tersebut seperti Puncak Becici, Pinus Pengger, Seribu Batu, Pinus Sari dan Pantai Parangtritis di Bantul. Selanjutnya Tebing Breksi di Sleman.

"Nanti yang lain itu baru tanggal 1 Juli. Karena kita ingin mempersiapkan semuanya dengan baik, yang jelas kita tidak terburu-buru.

"Jadi hasil dari pendampingan dirangkum hari ini dan akan kita sampaikan tata cara uji coba operasional terbatas," kata Singgih.

Singgih menambahkan, selain 10 destinasi tersebut, nantinya akan ada destinasi lain yang melakukan uji coba secara terbatas. Tapi, untuk kapan uji coba itu Singgih belum bisa memastikannya karena saat ini masih memasuki fase simulasi.

"Selain 10 itu kan ada yang dipersiapkan secara mandiri, seperti di Kulon Progo itu ada Pule Payung, Kali Biru, keduanya sudah lakukan simulasi," katanya.

"Selanjutnya Gembira Loka juga telah mempersiapkan secara mandiri, mungkin sebentar lagi akan dilakukan simulasi, untuk Taman Pintar sudah dan Kaliurang , Yogyakarta hari ini simulasi. Jadi intinya bertahap ya (destinasi wisata yang melakukan uji coba secara terbatas)," ujar Singgih, Selasa lalu.



Simak Video "Menteri LHK: 29 Taman Nasional dan Wisata Alam Dibuka Bertahap"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA