Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 01 Jul 2020 20:16 WIB

TRAVEL NEWS

Macam-macam Tarian Mancanegara, dari Kecak sampai Haka

Tim detikTravel
detikTravel
Tari Kecak dan Sunset di Uluwatu Memang Memukau
Foto: Imam Sunarko/d'Traveler/Macam-macam Tarian Mancanegara, dari Kecak sampai Haka
Jakarta -

Budaya suatu negara bisa dilihat salah satunya dari pertunjukan tariannya. Bahkan tarian dapat membuat suatu negara terkenal.

Tarian yang tersebar di penjuru dunia memiliki ciri khas masing-masing. Terkadang tarian menggambarkan kebahagiaan, panen raya atau ritual kepada Yang Maha Kuasa. Untuk mengenali tarian mancanegara, berikut informasinya.

Daftar macam-macam tarian mancanegara yang populer ke berbagai belahan dunia:


1. Tari Bali

Tarian mancanegara yang populer antara lain Tari Bali di Indonesia. Tarian yang terkenal yakni tari Kecak. Wisatawan sangat antusias menonton tarian yang populer ke berbagai belahan dunia ini.

Tari Kecak menggambarkan tentara kera yang membantu Rama melawan Rahwana dalam kisah Ramayana. Penari Kecak mayoritas lelaki dengan jumlah puluhan orang. Mereka duduk melingkar dan mengucapkan 'cak-cak-cak' dengan lantang dan terus-menerus sambil mengangkat kedua tangannya.

Selain Tari Kecak, tarian yang tersohor ke mancanegara dari Indonesia yakni tari barong. Tarian ini menceritakan perseteruan antara kebijakan melawan kejahatan. Barong berasal dari bahruang (beruang), meskipun beruang banyak wujud binatang lainnya yang dilukiskan. Tarian ini dimainkan oleh 2 orang laki-laki, di mana yang satu memainkan anggota kepala dan satu laginya memainkan di ekor.


2. Tari Morris

Tari Morris merupakan tarian rakyat dari Inggris. Tarian Eropa ini didasarkan pada irama melangkah dan pelaksanaan tokoh koreografer oleh sekelompok penari.

Para penari juga memakai alat seperti tongkat, pedang, saputangan, dan lonceng. Kostum yang mereka pakai yakni baju putih, topi dengan hiasan bunga, dan selempang dua warna. Awalnya, penari tarian Morris hanya dilakukan oleh pria. Kini, para kaum hawa bisa menarikan tarian mancanegara ini.

3. Tari Akiu No Taue Odori

Tarian mancanegara berikutnya yakni Akiu No Taue Odori. Tarian yang berasal dari Jepang ini merupakan tarian menanam padi dengan menirukan gerakan kegiatan tersebut di kota Akiu, Taihaku-ku, Prefektur Miyagi, Jepang.

Jumlah penari Akiu No Taue Odori sekitar 10 orang. Penarinya berperan sebagai saotome atau gadis muda penanam padi. Tidak lupa penari ini diiringi musik yang bernama hayashi serta alat musik khas Jepang, suling dan taiko. Pada tahun 2009, UNESCO memasukkan tari ini ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia


4. Tari Flamenco

flamencoflamenco Foto: (M Resha Pratama/detikcom)

Tarian Flamenco merupakan tarian mancanegara dari Eropa. Tarian ini awalnya dikembangkan oleh kaum gipsi. Flamenco mengenakan pakaian dengan warna-warna mencolok sehingga menimbulkan kesan ceria. Tarian ini juga mengandalkan gerakan tubuh yang cepat, enerjik, dan menarik. Penari pria membawa tarian ini dengan menonjolkan sisi kemaskulinannya. Sedangkan penari wanita menampilkan sensualitas yang terkendali. Untuk jumlah penari bervariasi, terkadang solo, berpasangan, atau berkelompok.

5. Tari Kipas Korea

Drama Korea digemari oleh berbagai negara, salah satunya di Indonesia. Namun bukan hanya drakornya saja yang digemari, tarian Korea juga disukai. Salah satu tarian Korea yang terkenal yakni tari Kipas atau Buchaechum.

Buchaechum merupakan tarian tradisional Korea. Penarinya menggunakan kipas berhiaskan bunga Peony dan mengenakan tarian tradisional Korea atau Hanbok, berwarna mencolok. Tarian ini menggunakan kipas yang besar dalam berbagai warna. Para penarinya menyatukan kipas dan menggerakkannya secara teratur.

6. Tari Barongsai dan Naga

Ribuan warga Cianjur memadati Jalan Mangunsarkoro tepatnya di depan Vihara Bhumi Parsjia untuk menyaksikan Cap Go Meh, Selasa (11/2/2020) malam. Pawai Cap Go Meh yang menampilkan beragam kebudayaan, mulai dari Barongsai dan liong. Foto: Ismet Selamet/Macam-macam Tarian Mancanegara, dari Kecak sampai Haka

Tarian dari China ini sudah terkenal bukan hanya di Asia namun seluruh dunia. Nama tariannya yakni Barongsai. Tarian ini merupakan tarian berbentuk seperti singa dimana para penari akan meniru pergerakan singa dengan menggunakan kostum hewan itu. Tarian singa ini akan diiringi alat musik khas gong, drum, dan dentuman mercon.

Selain Barongsai, tarian dari China yang terkenal adalah tarian Naga. Naga digambarkan gagah dan beruntung. Tarian ini digunakan untuk mengusir setan dan membawa keberuntungan semua makhluk.


7. Tari Kathak

Tari Kathak adalah tarian klasik India. Tarian ini dikenali sebagai Kathaks atau bercerita. Pencerita membuat persembahan di lapangan kampung dan laman kuil, dengan alunan tangan dan mimik muka.

Tarian ini dasarnya merupakan teater dengan alat dan musik dengan gerakan tangan. Terdapat tiga jurusan utama atau gharana bagi Kathak yakni gharana dari Jaipur, Lucknow, dan Benares.

8. Tari Samba

Tari samba melekat erat dengan kebudayaan rakyat Brasil. Tari itu bahkan punya karnaval sendiri yang rutin diadakan tiap tahun di Rio de Janeiro. Penasaran?Foto: Getty Images/Macam-macam Tarian Mancanegara, dari Kecak sampai Haka

Tari Samba merupakan salah satu tarian yang berasal dari Afrika yang kemudian dibawa ke negara Brasil sehingga menjadi tersohor di negara itu. Tarian in9 kemudian menjadi tarian rakyat Brasil.

Tarian Samba selalu ditampilkan pada karnaval yang diadakan setiap tahunnya di Rio de Janeiro. Karnaval tersebut bahkan disebut sebagai karnaval terbesar di dunia yang diadakan setahun sekali dan dihadiri sekitar dua juta orang.

Tarian Samba dikemas dalam tarian, musik, dan kostum. Samba menonjolkan aura keseksian, bahkan disebut dapat membakar kalori dalam tubuh. Sebab gerakan tarian yang cepat membuat seluruh tubuh bergerak. Tarian Samba telah menjadi warisan dunia oleh UNESCO bidang kemanusiaan pada tahun 2005.

9. Tari Limbo

Tari Limbo berasal dari Afrika Barat. Limbo berasal dari kata Limber dengan arti lentur. Tari limbo ini mengandung filosofi hidup, dimana manusia harus selalu berusaha menghadapi rintangan yang datang, dan semakin dewasa manusia, rintangan yang akan dihadapi akan semakin sulit. Tarian ini kerap dimainkan saat acara resepsi pernikahan.

10. Tari Haka

Tarian mancanegara berikutnya yakni tarian Haka. Tarian Haka adalah tarian traditional Maori yang merupakan penduduk asli dari New Zealand. Tarian ini dilakukan secara grup dan diikuti oleh teriakan.

Tarian ini awalnya dilakukan oleh para warriors sebelum perang. Kemudian berkembang, tarian ini tidak khusus untuk tarian perang. Penari Haka bukan hanya paria, namun juga wanita, bahkan penarinya juga bisa gabungan antara pria dan wanita.

Tarian mancanegara ini dipertontonkan dalam berbagai acara seperti penyambutan tamu kehormatan atau pertandingan olah raga tingkat national, serta internasional. Bermacam aksi dipertontonkan dalam tarian ini, misalnya ekspresi wajah yang memperlihatkan warna putih mata dan menjulurkan lidah atau memukulkan tangan ke tubuh dan menghentakkan kaki.



Simak Video "Jelajah Pulau Dewata: Tarian Eksotis Bali yang Mendunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA