Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Jul 2020 21:35 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Kyai Langgeng di Magelang Buka Kembali buat Wisatawan

Eko Susanto
detikTravel
Taman Kyai Langgeng Magelang
Foto: Taman Kyai Langgeng di Magelang (Eko Susanto/detikcom)
Magelang -

Taman Kyai Langgeng di Magelang, sudah buka kembali dalam masa uji coba. Ada pembatasan jumlah kunjungan, jam operasional serta penerapan protokol kesehatan.

Pembukaan ini dilakukan setelah melakukan simulasi selama dua kali pada, Rabu (24/6) dan Senin (29/6). Setelah dilakukan dua kali simulasi tersebut hasilnya baik, kemudian diizinkan untuk buka dari Pemkot Magelang. Pembukaan mulai dilakukan sejak, Rabu (1/7/2020).


Untuk pembatasan tersebut meliputi jam buka mulai pukul 08.00-14.00 WIB. Kemudian, jumlah pengunjung per harinya dibatasi sebanyak 866 orang di lahan seluas 27,6 hektare tersebut. Kemudian, pembatasan seperti untuk tempat duduk kapasitas 50 hanya dipakai 25.

"Dengan penilaian cukup baik maka dari itu, Taman Kyai Langgeng mulai tanggal 1 Juli sudah buka kembali dalam rangka uji coba. Kenapa dibilang uji coba karena buka tidak full. Dari jam 08.00-14.00 WIB. Terus pengunjung juga dibatasi," kata Direktur Utama PDOW Taman Kyai Langgeng, Edy Susanto saat ditemui di kantornya, Kamis (2/6/2020).

Taman Kyai Langgeng MagelangTaman Kyai Langgeng Magelang Foto: Eko Susanto/detikcom



Untuk pengunjung Taman Kyai Langgeng per harinya, kata dia, pengunjung 866 orang. Kemudian melakukan penghitungan jumlah pengunjung yang masuk dan keluar berapa.

"Dalam uji coba ini, di dalam taman itu maksimalnya 866 orang dari luasan 27,6 hektare. Itu pembatasannya karena seperti tempat duduk, kita sudah memberikan tanda silang. Jadi kapasitas 50, bisanya dipakai cuman 25," tuturnya.


Adapun kewajiban pengunjung sebelum memasuki kawasan Taman Kyai Langgeng antara lain memakai masker, dicek suhu tubuhnya dan cuci tangan. Jika ada pengunjung datang tidak memakai masker, yang bersangkutan disarankan untuk membeli masker di koperasi.

"Pengunjung harus menggunakan masker, apabila tidak menggunakan masker kita berikan masukan bisa beli di koperasi dengan harga semurah mungkin. Yang kedua diperiksa suhunya, tidak boleh lebih dari 37 derajat celsius. Apabila ada yang lebih, mohon istirahat dulu sekitar 15 menit, baru diukur kembali ternyata malah naik atau tidak turun disarankan berobat di puskesmas atau rumah sakit terdekat. Yang ketiga setelah di cek suhunya harus cuci tangan. Di Taman Kyai Langgeng ada 50 wastafel," kata Edy.

Taman Kyai Langgeng MagelangTaman Kyai Langgeng Magelang Foto: Eko Susanto/detikcom



Kemudian pengunjung disarankan untuk membeli tiket dengan sistem pembayaran non tunai. Namun demikian, jika tidak memiliki aplikasi dengan pembayaran non tunai, bisa secara tunai. Untuk tiket masuk pengunjung sebesar Rp 24.000. Kemudian di dalam taman ada sejumlah wahana permainan jika pengunjung berkenan menikmatinya masih ada tiket tersendiri.

Pengunjung setelah memasuki, nantinya akan diarahkan oleh para petugas yang ada. Kemudian saat sampai di wahana disarankan untuk cuci tangan. Terus wahana Taman Kyai Langgeng sehabis dipakai disemprot dengan disinfektan. "Pengunjung akan diarahkan petugas dan sampai di wahana diharuskan cuci tangan juga, apabila mau menikmati wahananya dan wahananya setiap kali habis dipakai disemprot dengan disinfektan," ujarnya.



Simak Video "Mahasiswi di Magelang Ini Rela Duduk Pinggir Jalan Demi Kuliah Online"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA