Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Jul 2020 15:56 WIB

TRAVEL NEWS

Qatar Airways Bekali Penumpang dengan Face Shield

Femi Diah
detikTravel
Qatar Airways
Qatar Airways beri penumpang faceshield (dok. Qatar Airways)
Jakarta -

Qatar Airways menambah bekal penumpang saat terbang pada pandemi virus Corona. Penumpang dibekali face shield, selain APD pada kotak protektif (protective kit) yang disediakan secara cuma-cuma.

Qatar Airways mengembangkan standar kesehatan serta keselamatan di pesawat dengan memperkenalkan alat pelindung diri (APD) baru untuk penumpang dan awak kabin. Penambahan standar keselamatan maskapai itu termasuk face shield dan kotak protektif kepada semua penumpang.

Face shield sekali pakai tersebut tersedia dalam dua ukuran standar, satu untuk dewasa dan satu lainnya untuk anak-anak. Face shield untuk anak didesain dengan maskot maskapai Oryx Kids Club.

Penumpang yang berpergian dari Bandara Internasional Hamad (HIA) akan menerima face shield di konter check-in, sedangkan di destinasi lain, face shield akan didistribusikan di gerbang boarding.

Face shield itu melengkapi kotak protektif secara cuma-cuma dari Qatar Airways. Dalam kotak tersebut tersedia masker wajah sekali pakai, sarung tangan powder free sekali pakai serta gel hand sanitizer yang berbasis alkohol. Penumpang Kelas bisnis juga akan diberikan tambahan 75ml tube hand sanitizer.

Qatar Airways juga memperkenalkan baju perlindungan baru sekali pakai untuk para awak kabin yang sesuai dengan seragam mereka sebagai tambahan dari kaca mata keselamatan, sarung tangan serta masker wajah.

Qatar AirwaysKru kabin Qatar Airways memakai APD saat bertugas. (dok. Qatar Airways)



Qatar Airways Group Chief Executive, Akbar Al Baker, langkah itu sebagai wujud upaya memprioritaskan keselamatan penumpang saat terbang di masa pandemi virus Corona.

"Dengan memperkenalkan standar keselamatan serta higienis di pesawat, para penumpang dapat mengandalkan kami serta awak pesawat terlatih kami dalam menerbangkan mereka secara aman ke tujuan destinasi mereka," kata Al Baker dalam rilis kepada detikTravel, Jumat (3/7/2020).

"Sebagai maskapai internasional terbesar yang terbang secara konsisten selama pandemi ini, kami telah menjadi salah satu yang sangat berpengalaman dalam keselamatan serta kebersihan. Kami akan terus memimpin industri dalam hal hal pelayanan yang ditawarkan ke penumpang, sehingga mereka dapat terbang dengan percaya diri," dia menambahkan.

Protokol Kesehatan Qatar Airways Lainnya

Sejak krisis COVID-19, Qatar Airways memang telah menerapkan beberapa standar kesehatan serta keselamatan di pesawat. Di antaranya, makanan untuk penumpang kelas bisnis disajikan di nampan dan bukan diatur di meja, serta peralatan makan yang dibungkus ditawarkan kepada penumpang sebagai alternatif dari layanan peralatan makan individu, sebagai usaha untuk meminimalkan kontak antara penumpang dengan awak kabin.

Qatar Airways juga memperkenalkan kartu menu sekali pakai dan tisue penyegar yang terbungkus rapih. Makanan serta peralatannya di kelas ekonomi disajikan seperti biasa sedangkan kartu menu ditiadakan untuk sementara waktu. Semua area sosial di pesawat telah ditutup agar mengikuti peraturan jarak sosial (social distancing).

Pesawat Qatar Airways segara rutin disemprot disinfektan dengan produk yang direkomendasikan oleh International Air Transport Association/Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) serta World Health Organization/Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Qatar Airways memiliki fitur canggih untuk sistem filtrasi udara, dilengkapi dengan filter industrial HEPA yang dapat menghilangkan 99,97% virus dan bakteri dari sirkulasi ulang udara yang mungkin terkontaminasi, memberikan proteksi paling efektif terhadap infeksi.

Qatar AirwaysQatar Airways memberi bekal APD kepada penumpang. Foto: dok. Qatar Airways


Kain serta selimut yang terdapat di pesawat dicuci dan dikeringkan serta ditekan dengan temperatur panas yang membunuh microbial, sedangkan itu busa headset dikeluarkan dan disanitasi secara ketat setiap setelah penerbangan. Peralatan-peralatan tersebut kemudian dibungkus ke dalam kemasan individual.

Awak kabin dilatih untuk meminimalkan penularan virus Corona. Mereka di-screening secara termal sebelum keberangkatan dan saat tiba dari penerbangan. Kemudian, dikarantina dan dites apabila kolega atau penumpang di pesawat Qatar Airways menunjukkan gejala infeksi atau positif dari tes COVID-19. Sebagai tambahan, HIA telah mengimplementasikan prosedur kebersihan ketat serta mengaplikasikan standar jarak sosial diseluruh terminal. Semua titik sentuh para penumpang disanitasi setiap 10 - 15 menit dan setiap konter gerbang boarding dibersihkan setiap setelah penerbangan. Sebagai tambahan lagi, hand sanitizer tersedia di imigrasi serta titik screening keamanan.




Simak Video "Menteri LHK: 29 Taman Nasional dan Wisata Alam Dibuka Bertahap"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA