Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 04 Jul 2020 21:32 WIB

TRAVEL NEWS

Hore! Bromo Tengger Semeru Buka Bulan Agustus

Faiq Azmi
detikTravel
Gunung Bromo
Wisata Gunung Bromo buka Agustus (I Gede Leo Agustina/d'Traveler)
Surabaya -

Pariwisata di Jawa Timur berangsur mulai buka kembali. Agustus nanti wisata Gunung Bromo akan dibuka lagi.

Saat ini persiapan untuk menuju new normal pariwisata tengah gencar disiapkan masing-masing kabupaten/kota. Termasuk, pariwisata Jawa Timur.

Begitu pula dengan wisata Bromo Tengger (BTS) Semeru. Bulan depan, wisata Gunung Bromo bakal dibuka.

"Oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional BTS yang sudah dirapatkan bersama. Pembukaan direncanakan awal Agustus," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Sinarta, kepada detikcom, Sabtu (4/7/2020).

Sinarta menjelaskan saat ini pihaknya bersama Disbudpar kabupaten/kota telah mempersiapkan pembukaan BTS dengan protokol pencegahan COVID-19. Setelah protokol siap, nantinya akan dilakukan simulasi terlebih dahulu.

"Yang menentukan siap dan belum siap itu tim evaluasi yang di bentuk kabupaten kota, apalagi BTS di bawah empat kabupaten/kota. Yang terbaru, menurut laporan kadis kab/kota, semua telah mempersiapkan dengan baik. Lalu dilakukan simulasi dan dievaluasi oleh tim evaluasi dan tim dari Disbudpar Provinsi," dia menjelaskan.

gunung bromo ditutup Lautan pasir Gunung Bromo, sudah lama kan tidak ke sana? (M Rofiq)


Sementara itu, untuk kawasan wisata favorit lainnya, Kawah Ijen Banyuwangi, Sinarta menyebut saat ini proses persiapan protokol new normal telah siap.

"Dari info Bakorwil Jember 3 Juli kemarin, hasil verifikasi akhir yang dipimpin langsung oleh Kadisbudpar Banyuwangi telah memasang stiker new normal yang menyatakan bahwa destinasi TWA Kawah Ijen telah sesuai protokol COVID-19 sehingga dapat menjadi rekomendasi bagi dibukanya kembali (reaktivasi) TWA Kawah Ijen untuk kegiatan wisata alam," terangnya.

Selain 2 wisata favorit tersebut, Sinarta memastikan seluruh destinasi wisata yang ada di Jatim saat ini tengah mempersiapkan protokol pencegahan COVID-19 di era new normal.

"Semua mempersiapkan. Kalau satu wisata tersebut memenuhi maka akan dicek oleh tim disbupdar masing-masing kab/kota. Jika memenuhi mereka diperbolehkan buka," ujar dia.

Wisata Gunung Bromo menawarkan sejumlah titik wisata yang menakjubkan. Selain Penanjakan sebagai spot terbaik sunrise, Gunung Bromo memiliki bukit Teletabis, lautan pasir, Desa Ngedas, Pura Luhur Ponten, dan Desa Ngadisari, serta Bukit Cinta.






Simak Video "Geger Warga Ponorogo Gotong Jenazah Lewati Sungai-Jalan Ekstrem"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA