Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Jul 2020 14:21 WIB

TRAVEL NEWS

Hari Ini Dibuka, Kebun Raya Bogor Masih Sepi Pengunjung

M. Sholihin/detikcom
detikTravel
Kebun Raya Bogor
Foto: (M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Sempat ditutup karena pandemi, mulai hari ini, Kebun Raya Bogor kembali dibuka. Segala protokol kesehatan dikerahkan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Pada fase uji coba ini, pengelola Kebun Raya Bogor hanya melayani pembelian tiket secara online. Pembatasan pengunjung juga diberlakukan sebagai upaya antisipasi penyebaran COVID-19.

"Ini hari pertama uji coba, pada fase uji coba ini kita ada pembatasan pengunjung. Jadi dari 8,7 hektar ruang terbuka di Kebun Raya Bogor ini secara kapasitas mampu menampung 21 ribu pengunjung. Nah itulah hitungan kami, jadi untuk sementara kita batasi jumlah pengunjung di angka 5000. Ini bertahap, tahap kedua nanti akan kita tambah 10.000. Normalnya nanti September-Desember, pengunjung kita buka hingga 20.000 pengunjung," kata pengelola Kebun Raya Bogor, Dyandra Marga Anggrianto.

Wisatawan yang datang ke Kebun Raya Bogor hari ini terbilang masih rendah. Hingga menjelang siang hari, beberapa lokasi yang jadi favorit warga untuk berkumpul bersama keluarga, seperti kolam sri gunting yang menghadap ke Istana Bogor masih terlihat sepi.

Pantauan detikcom, sejumlah wisatawan sudah mulai berdatangan ke Kebun Raya Bogor sejak pagi hari. Beberapa dari mereka ada yang menggunakan mobil, motor dan ada pula yang berjalan kaki.

Sebelum masuk, wisatawan diperiksa suhu tubuhnya menggunakan thermo gun. Mereka juga diminta menunjukkan pembelian tiket yang dilakukan secara online.

Di dalam area Kebun Raya Bogor, petugas berjaga di beberapa sudut sambil terus mengingatkan setiap pengunjung untuk terus menjalani protokol kesehatan, seperti memakai masker dan membawa hand sanitizer.

Beberapa area taman yang biasanya menjadi lokasi berkumpul wisatawan juga diberi pembatas berupa lingkaran-lingkaran agar tidak terjadi kerumunan.

Tak dipungkiri, dibukanya kembali Kebun Raya Bogor untuk umum disambut baik oleh wisatawan. Salah satunya Yeri (23), remaja asal Bogor. Ia mengaku sangat senang karena sudah lama menunggu Kebun Raya Bogor dibuka kembali untuk umum.

"Kita emang sudah lama nunggu Kebun Raya buka yah, lihat banyak di twitter juga kan info-infonya, makanya ke sini aja langsung. Protokol juga sudah pas, bagus. Makanya aku juga merasa aman ya ke sini. Kebetulan aku bawa teman dari US (Amerika) yang pengen lihat kebun raya, ini pertama kali juga dia ke sini," kata Yeri, Selasa (7/7/2020).

Kebun Raya BogorKebun Raya Bogor Foto: (M. Sholihin/detikcom)

Anjar, wisatawan asal Tangerang mengaku merasa cukup aman berwisata di Kebun Raya Bogor meski di tengah pandemi Covid-19. Protokol kesehatan yang dijalani pihak Kebun Raya Bogor, kata Anjar, cukup membuat aman pengunjung.

"Ya daripada kita ajak ke mal kan, lebih was-was, mending diajak ke sini. Saya rasa ke sini lebih aman. Protokol kesehatan juga bagus, kita diukur suhu, wajib pakai masker, wajib bawa hand sanitizer sendiri, tiket juga cashless, Lumayan bikin aman," kata Anjar yang datang bersama istri dan anak-anaknya itu.

"Kita ke sini (ke Bogor) memang mau cari tempat liburan sama anak-anak. Anak-anak BT juga kelamaan di rumah kan, sekolah di rumah terus karena lewat hp, libur sekolah juga di rumah terus, mereka minta terus pengen liburan, makanya ke Kebun Raya Bogor," kata Anjar yang datang bersama anak-anak dan istrinya itu.



Simak Video "Kebun Raya Dibuka Bertahap, LIPI Ingin Wisatawan Naik Kelas"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA