Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jul 2020 05:23 WIB

TRAVEL NEWS

Kepulauan Riau Atur Strategi untuk Sambut Turis Lagi

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Danau Biru Gusung Pasir Bintan
Danau Biru Gusung Pasir Bintan (Lommy Bengu/d'Traveler)
Jakarta -

Kepulauan Riau menyusun strategi untuk kembali menyambut turis. Ada beberapa rekomendasi wisata yang dikatakan aman usai pandemi.

Beberapa strategi juga telah dipersiapkan untuk menarik wisatawan datang, di antaranya mempersiapkan tempat wisata dan perhotelan dengan konsep yang baru.

"Mempersiapkan tempat wisata dengan standar yang baru konsep baru perubahan paradigma baru, kemudian melakukan kerja sama dengan influencer luar negeri dan domestik, tentu kita akan gunakan kawan-kawan anak-anak muda kita," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kepulauan Riau, Buralimar, dalam Webinar Strategi dan Program Clean, Health and Safety (CHS) Destinasi Pariwisata Pasca Pandemik, Rabu (8/7).

Selanjutnya, Riau melakukan pembenahan destinasi wisata. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau harus memastikan kesiapan daerah setelah pandemi agar tidak merusak pandangan wisatawan.

"Kita kan kerja sama dengan Bank Indonesia, beberapa objek wisata yang dikelola oleh pemerintah dan masyarakat akan kita bangun kembali terutama dalam CHS nya seperti toilet kamar mandi dan sebagainya," dia menambahkan.

Pemprov Kepri juga akan bekerja sama dengan tempat wisata, perhotelan dan restoran untuk melakukan branding dan promo wisata seluas-luasnya. Situasi di mana wisatawan berbulan-bulan berada di rumah selama berbulan-bulan akan dimanfaatkan untuk menarik mereka menghilangkan kejenuhan di Kepulauan Riau.

Buralimar pun menuturkan akan memanfaatkan alokasi dana APBN yang sudah disiapkan pemerintah pusat secara maksimal. Serta tentunya menerapkan prinsip higienitas yang sesuai dengan WHO dan Kementerian Kesehatan.

Ada lima destinasi wisata yang direkomendasikan oleh Dinas Pariwisata Kepulauan Riau untuk didatangi turis saat pandemi virus Corona. Kawasan-kawasan wisata itu dikatakan aman dikunjungi.

Yang pertama adalah Kawasan Wisata Nongsa Batam. Kemudian, kedua Telunas Beach Resort Batam, dan berikutnya adalah Kawasan Wisara Lagoi Bintan, Nikoi Private Island Bintan, dan destinasi kelima adalah Cempedak Private Island.

(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA