Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Jul 2020 05:02 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah Lebih dari Setengah Abad, Kura-kura Raksasa Ini Mudik

Syanti Mustika
detikTravel
kura-kura raksasa Espanola di Taman Nasional Galapagos
Foto: (Parque Nacional Galápagos/Facebook)
Jakarta -

Kura-kura raksasa ini dulunya terancam punah hingga harus dikarantina. Setelah lebih setengah abad dia kembali ke alam liar.

Enam dekade lalu, kura-kura raksasa Espanola di Taman Nasional Galapagos terancam punah. Hanya tersisa 15 ekor kura-kura raksasa waktu itu.

Prediksi kepunahan kura-kura raksasa itu membuat Taman Nasional Galapagos berinisiatif untuk menangkarkannya. Kura-kura raksasa itu kemudian masuk penangkaran selama 55 tahun untuk menyelamatkannya dari kepunahan.

Diberitakan Lonely Planet, Direktorat Taman Nasional Galapagos (GNPD) dan Galápagos Conservancy mengumumkan bahwa program penangkaran kura-kura Espanola dan Inisiatif Pemulihan Kura-kura Raksasa di pulau itu berakhir pada bulan Januari lalu. Awalnya, kura-kura itu akan dipulangkan pada bulan Maret, namun karena pandemi pemindahan pun tertunda.

Kini, kendati pandemi virus Corona belum usai, kura-kura itu tetap dipulangkan pada pertengahan Juni. Sebanyak 15 kura-kura raksasa itu dikembalikan ke alam liar.

kura-kura raksasa Espanola di Taman Nasional GalapagosKura-kura raksasa Espanola di Taman Nasional Galapagos Foto: (Parque Nacional Galápagos/Facebook)


Sewaktu karantina, kura-kura dibersihkan dari parasit dan diberi microchip. Kemudian mereka dibawa dengan perahu dari Pulau Santa Cruz ke Espanol. Dan dibawa sejauh 1,5 mil ke Las Tunas, daerah yang dianggap paling kondusif bagi kelangsungan hidup mereka.

"Adapun 15 ekor kura-kura ini terdiri dari 12 ekor betina dengan berat rata-rata 35 kg dan tiga ekor jantan dengan berat lebih 54 kg. Setelah kura-kura itu dibebaskan, nanti akan ada staf yang terus mengawasi pergerakan mereka. Selama enam bulan, mereka akan dipantau secara langsung," ujar Danny Rueda, direktur Taman Nasional Galapagos.

Di awal permulaan program karantina di pertengahan 1960, 15 ekor kura-kura ini telah menghasilkan 1.900 tukik hingga Januari tahun ini. Populasi mereka yang dulunya terancam, kini jumlahnya lebih dari 2.300 kura-kura.

kura-kura raksasa Espanola di Taman Nasional GalapagosKura-kura raksasa Espanola di Taman Nasional Galapagos Foto: (Parque Nacional Galápagos/Facebook)


Dulunya dari Kebun Binatang San Diego, kura-kura raksasa Espanola bernama Diego telah masuk ke program penangkaran sejak tahun 1977. Dan ia berkontribusi pada 40 persen keturunan yang dipulangkan ke pulau itu. Ini sebuah statistik yang menakjubkan untuk pejantan yang usianya lebih dari satu abad.

"Kami berhasil menyelamatkan spesies yang seharusnya punah, kura-kura raksasa Espanola," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Air Ekuador, Paulo Proano.






Simak Video "Santuy Abis! Momen Unik Kura-kura Tertidur di Dalam Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA