Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 11 Jul 2020 14:49 WIB

TRAVEL NEWS

Superyacht Keren Trimonoran Ini Jadi Pendobrak Pelayaran Mewah

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kapal pesiar Escalade
Kapal pesiar atau superyacht Escalade (Foto: Baran Akalin/CNN)
Jakarta -

Konsep kapal pesiar atau superyacht ini disebut jadi pendobrak pelayaran mewah. Memiliki tiga lambung, kapal pesiar ini bakal masuk ke galangan setelah 20 tahun hanya berbentuk konsep.

Diberitakan CNN, namanya Escalade. Berukuran 25 meter, kapal unik ini memiliki lambung trimonoran, kombinasi monohull dan lambung trimaran.

Proyek ini diawali oleh ide desainer Baran Akalın bekerja sama dengan G. Jelle Bilkert dari perusahaan Belanda, Anwigema. Mereka telah mengerjakan trimonoran selama lebih dari dua dekade.

Menurut Baran, trimonoran yang terdiri dari tiga lambung ramping memberikan kapal pesiar Escalade 30% ruang lebih banyak daripada kapal sejenis dengan monohull. Stabilitasnya pun lebih besar.

Kapal pesiar Escalade didorong mesin dengan sistem propulsi hidrolik. Kecepatan tertingginya diperkirakan sekitar 42 knot.

Kapal pesiar EscaladeKapal pesiar Escalade (Foto: Baran Akalin/CNN)

"Lambung memberi efek pada kecepatan dan stabilitas dengan daya atau energi yang dibutuhkan superyacht jadi lebih sedikit. Itu semua karena bentuk lambung dan hydrofoilsnya," jelas Baran.

"Badan kapal pesiar ini juga memungkinkan untuk berlayar lebih lancar daripada lambung standar. Lambung trimonoran bisa memotong gelombang dengan sangat baik," imbuh dia.

Dari luar, bentuk badan kapal pesiar Escalade begitu menarik. Bagian dalam kapal juga sangat mengesankan jika nantinya seperti gambar rendering itu.

Digambarkan sebagai area superstar, kapal pesiar Escalade memiliki langit-langit cermin. Bagian ini dibagi lagi beberapa bagian yakni area lounge mewah, ruang makan dan dapur di satu sudut.

Kapal pesiar EscaladeInterior kapal pesiar Escalade (Foto: Baran Akalin/CNN)

Interior kapal pesiar Escalade diciptakan oleh desainer interior asal Inggris, Celia Sawyer. Dekorasinya mencakup lantai marmer dan lemari yang dibuat khusus.

Selain itu, kapal pesiar Escalade ini memiliki empat kabin suite, layar bioskop besar, beberpaa area berjemur, ruang perahu dan dua jet ski, dan hot tub dengan dasar kaca.

Blue print Escalade belum diambil oleh galangan kapal, namun sudah banyak calon pembeli yang berminat. Baran yakin kapal pesiar itu akan segera berlayar dalam waktu dekat.

Butuh waktu hingga 10 bulan untuk menyelesaikan Escalade dengan perencanaan yang tepat dan begitu ada dana yang masuk. Kapal pesiar jenis trimonoran ini tersedia untuk kapal layar dan motor.

Kementerian Urusan Ekonomi Belanda dan Yayasan Koordinasi Penelitian Kelautan telah mendukung terciptanya kapal pesiar Escalade ini. Kapal pesiar ini membuat ramai konsep-konsep superyacht yang sudah ada.



Simak Video "Kapal Pesiar Asuka 2 di Jepang Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA