Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Jul 2020 06:45 WIB

TRAVEL NEWS

Machu Pichu Pangkas Daya Tampung Hingga 50% dari Biasanya

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
situs arkeologi
Machu Piccu lumpuh karena virus Corona, namun kini direncanakan buka lagi.(Brent Stirton/Getty Images)
Lima -

Setelah batal dibuka pada awal Juli karena khawatir penyebaran virus Corona, Machu Pichu mulai ancang-ancang untuk menerima turis lagi. Kapasitas pengunjung akan dibatasi hingga cuma setengah dari biasanya.

Dikutip dari Malaymail oleh detikcom, Minggu (12/7/2020) pemerintah Peru mengumumkan bahwa wisata Machu Picchu akan kembali dibuka setelah tutup karena virus Corona. Tapi, tanggalnya belum ditentukan.

"Penerimaan ke Machu Picchu akan menjadi 2.244 pengunjung sehari," kata pemerintah.

Jumlah tersebut adalah setengah dari kapasitas Machu Picchu saat musim liburan. Biasanya, di puncak kunjungan, wisata ini menerima hingga 5000 pengunjung. Adapun di hari biasa, ada 2000-3000 pengunjung yang datang.

Pandemi Corona yang membuat sejumlah akivitas terhenti dan semua wisata terpaksa ditutup sangat berdampak pada industri pariwisata Peru. Machu Picchu yang terletak di kota Cusco itu pun memperkerjakan sekitar 100.000 orang. Wisata yang telah dibuka sejak 1948 ini ternyata juga pernah ditutup pada tahun 2010 karena banjir yang merusak akses kereta api.

Pada awal perencanaan, Machu Picchu dijadwalkan untuk kembali dibuka pada 1 Juli 2020 dengan kapasitas yang sangat terbatas, hanya 675 pengunjung per hari, tentunya ditambah dengan langkah-langkah jarak sosial. Akan tetapi, rencana itu batal akibat kekhawatiran infeksi yang menyebar di kota-kota tetangga.

Akibat wabah virus Corona, perbatasan Peru telah ditutup selama hampir empat bulan. Jumlah korban meninggal dunia telah mencapai 11.000 orang, 201 ribu orang sembuh dari 300.000 lebih kasus.

Menurut Perdana Menteri Peru, Vicante Zeballos, industri pariwisata Peru pun menderita kerugian sebesar US$ 3,3 miliar atau hampir Rp 47 triliun pada tahun ini.

Siapin dompetmu yuk untuk terbang ke Peru dan singgah di Machu Picchu.



Simak Video "Menteri LHK: 29 Taman Nasional dan Wisata Alam Dibuka Bertahap"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA