Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 13 Jul 2020 15:13 WIB

TRAVEL NEWS

Pengalaman Pertama Pramugari KA: Mabuk Perjalanan, Tetap Harus Senyum

Bonauli
detikTravel
Pramugari kereta api
Gina Salsabila, pramugari kereta api jarak jauh (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Gina Salsabila belum genap setahun menjadi pramugari kereta api atau prami. Dia memiliki pengalaman mengesankan saat bertugas di atas kereta api.

Kereta api jarak jauh menjadi salah satu moda angkut masal ketika liburan ke luar kota. Melintasi kota-kota di sepanjang Pulau Jawa, kereta api kerap jadi pilihan.

Kini kereta api jarak jauh semakin berkembang. Tipe kelas dan pelayanan pun jadi andalan untuk membuat penumpang nyaman. Selain fasilitas, ada juga pelayanan dari pramugara-pramugari kereta api atau prami dan prama.

Gina yang sudah bekerja selama hampir satu tahun di kereta api jarak jauh. Sebelumnya, Gina tak pernah membayangkan untuk bekerja sebagai prami.

Pramugari kereta apiPramugari kereta api Foto: (Bonauli/detikcom)

"Sebelum kerja jadi prami belum pernah naik kereta jarak jauh," Gina mengisahkan.

Begitu lulus seleksi, Gina pun diberi pelatihan mental oleh TNI. Tapi, bukan latihan semimiliter yang bikin Gina kepayahan.

Adalah pengalaman pertama sebagai pramugari kereta api alias prami yang dianggap Gina amat mengesankan. Sebab, dia mabuk perjalanan saat bertugas.

"Waktu pertama dinas itu dengan kereta api Tegal Ekspres. Perjalanan sampai enam jam dari Jakarta. Begitu naik saya langsung mabuk perjalanan," dia mengungkapkan.

Selama perjalanan Gina harus menahan mual sambil bertugas. Senyum tetap harus mengembang di wajahnya. Salam dan gestur sopan tetap harus ditampilkan.

"Awal-awal perjalanan bawaannya mual dan pusing. Akhirnya, istirahat sebentar ke ruang khusus kru dan minum obat," ujarnya.

Setelah tenang, Gina tak melupakan tugasnya sebagai prami. Walau dengan sedikit sempoyongan, Gina tetap berkeliling untuk menjajakan makanan restoran.

PT KAI kembali menambah lima perjalanan Kereta Api Jarak Jauh di Area Daop 1 Jakarta. Kereta itu akan berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.Pramugari kereta api jarak jauh Foto: Rifkianto Nugroho

"Dibantun juga sama teman-teman kru, jadi bisa," katanya sambil tersenyum.

Pengalaman ini tak membuat Gina mundur. Justru Gina semakin cinta dengan perjalanannya. Lingkungan kerja yang kompak juga membuatnya betah.

"Itu pertama kali naik kereta jarak jauh sekaligus dinas sebagai pramugari kereta api. Tapi setelahnya udah biasa, enggak mual-mual lagi," dia menjawab lugas.



Simak Video "Eksklusif! Di Balik Perjalanan 14 Jam Pramugara-Pramugari Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA