Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jul 2020 14:55 WIB

TRAVEL NEWS

Apa Aja Sih Tugas Pramugari KA?

Bonauli
detikTravel
Pramugari kereta api
Pramugari dan pramugara KA (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Pramugara dan pramugari kereta api memiliki tugas khusus saat berdinas. Mereka melayani penumpang selama perjalanan, juga hal-hal lainnya. Apa saja?

Pramugari-pramugara KA tak beda dengan awak kabin pesawat. Ada banyak daftar tugas yang harus mereka lakukan bereskan, lagi-lagi demi kenyamanan penumpang.

"Satu jam sebelum keberangkatan, kami sudah harus ada di stasiun dan menghitung barang yang nantinya akan dijual di restorasi," ujar Gina Salsabila, seorang pramugari KA atau disebut prami, dalam wawancara khusus dengan detikTravel.

Prami dan prama bergantian mengecek peralatan di restorasi, memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Seperti microwave, chiller dan boiler. Semua dipastikan sudah menyala sebelum berangkat.

"Saat boarding, ada satu prama dan prami yang menunggu penumpang boarding di peron keberangkatan. Tugas kami mengarahkan gerbong dan tempat duduk penumpang," dia menjelaskan.

Pramugari kereta apiPramugari kereta api Foto: (Bonauli/detikcom)

Setelah boarding, prami dan prama masih harus melanjutkan apel dinas bersama kondektur, polsuska, teknisi Kereta Api, dan tim On Trip Cleaning (OTP). Senior Train Attendent atau prami senior akan memimpin briefing dan doa.

Kuda besi mulai berjalan. Prami dan prama masuk ke ruang announcer untuk mengumumkan menu apa saja yang tersedia di restoran. Pemesanan melalui aplikasi TERE (Teman Reska) atau Dispatch Center dipantau secara berkala.

Masuk masa new normal karena pandemi, pramugara dan pramugari kereta api juga menyesuaikan tugas pelayanan. Tak ada lagi layanan keliling dan penumpang harus duduk berjauhan.

"Di new normal ini prami dan prama akan memberikan face shield untuk penumpang sebelum boarding," dia menjelaskan.

Karena ada pengurangan penumpang saat pandemi virus Corona, prami dan prama yang bertugas juga ikut dikurangi. Sebelumnya dalam satu keberangkatan jarak jauh ada empat kru dengan komposisi dua prama dan dua prami. Kini, kereta jarak jauh hanya mempekerjakan dua kru yang terdiri dari satu prama dan satu prami.

"Untuk dinas yang jarak dekat seperti ke Bandung atau Tegal, kru yang ditugaskan hanya satu, bisa prama atau prami," kata dia.

Pramugari kereta apiPramugari kereta api Foto: (Bonauli/detikcom)

Pramugari dan pramugara tak memiliki tugas khusus. Mereka sama-sama bekerja sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

"Tapi, untuk bawa baki khusus prama, karena berisiko," Bayu Inggar, seorang prama, mengisahkan.

Baki biasanya berisi minuman panas atau makanan. Karena jalur kereta yang tak selalu lurus, membawa baki bisa sangat berbahaya.

"Saya pernah bawa baki dan ketumpahan air panas. Kalau sudah begitu, yang bertugas juga harus mengganti kerugian yang tumpah. Jadi memang biasanya pramugari kereta api yang bawa baki, bukan pramugari kereta api," dia menjelaskan.



Simak Video "Eksklusif! Di Balik Perjalanan 14 Jam Pramugara-Pramugari Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA