Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jul 2020 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Catat! Ini Menu Wisata Kuliner Kata Pramugari Kereta

Bonauli
detikTravel
Pramugari tak hanya ada di pesawat tetapi juga di kereta api. Para prami dan prama ini bertugas untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang KA jarak jauh.
Prami dan Prama di Kereta Api Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Liburan identik dengan wisata kuliner. Selagi menuju kota tujuan dengan kereta api jarak jauh, tak ada salahnya sambil wisata kulineran .

Kereta api jarak jauh menyediakan gerbong restoran untuk penumpang. Seperti yang kita tahu, dari gerbong ini tercium aroma-aroma makanan yang menggoda selera.

Tak jarang pula yang sekedar lewat atau berada di dekat gerbong ini hanya untuk menikmati aroma makanan yang langsung bikin lapar. Ayo ngaku, siapa yang kaya gini?

Bahkan sepertinya sudah ada stereotype kalau naik kereta api mesti makan nasi gorengnya. Atau si mie kuah Popso. Padahal retoran kereta api punya sejumlah menu makanan yang berbeda tiap stasiun.

Menu makanan di Kereta apiMenu makanan di Kereta api Foto: (PT KAI/Istimewa)

"Tiap stasiun punya menu sendiri, prami dan prama yang mengangkutnya ke dalam gerbong tiap ada pemberhentian," ujar Gina Salsabila seorang prami Kereta Api atau biasa dikenal pramugari.

Siapkan catatanmu ya, karena detikcom mau kasih tahu kamu menu makanan yang harus traveler coba di stasiun-stasiun tertentu. Tiap menu mencirikan kuliner khas dari kota tersebut.

Mari mulai dari Stasiun Surabaya, kota ini menyiapkan kuliner Bebek Mayor, Nasi Goreng Rawon, dan Nasi Rawon Cak Bari. Kemudian Stasiun Cirebon punya Empal Gentong Mang Aye dan Nasi Jamblang.

Dari Stasiun Purwokerto ada Tempe Mendoan Tahu Sumedang dan Pecel Purwokerto. Stasiun Madiun punya Pecel Madiun dan Stasiun Kroya mengandalkan Pecel Kroya.

Menu makanan di Kereta apiMenu makanan di Kereta api Foto: (PT KAI/Istimewa)

Stasiun Semarang menyiapkan Tahu Bakso, sedangkan Yogyakarta ada Nasi Gudeg Bu Djum. Stasiun Blitar tak mau kalah dengan Nasi Ayam Penyetnya. Sementara Stasiun Jember punya Nasi Ayam Gepuk dan Nasi Krawu.

Stasiun Malang memanjakan penumpang dengan menu Nasi Liwet dan Nasi Campur Ayam. Sedangkan Stasiun Jakarta yang berangkat dari Pasar Senen dan Gambir menjagokan Nasi Ayam Saos Padang, Nasi Ayam Sambal Ijo dan Nasi Ayam Kremes.

Menu makanan ini ada yang tersedia setiap saat, ada pula yang harus pre-order. Untuk memastikan, traveler bisa bertanya langsung lewat layanan pre-order Dispatch Center dari KAI. Selebihnya ada banyak menu nasi goreng dan ayam gemprek yang selalu tersedia di setiap stasiun kereta.



Simak Video "Eksklusif! Di Balik Perjalanan 14 Jam Pramugara-Pramugari Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA