Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jul 2020 11:03 WIB

TRAVEL NEWS

Tahu Nggak? Ada Ruang Rahasia di Kereta Api

Bonauli
detikTravel
Pramugari kereta api
Ruang rahasia di dalam kereta api (Bonauli/detikcom)
Jakarta -

Kamu yang sering naik kereta api jarak jauh pasti bertemu dengan prami dan prama, istilah pramugari atau pramugara di kereta. Kalau tengah bertugas dalam perjalanan panjang, mereka istirahat di mana ya?

Bertugas selama berjam-jam di dalam kereta api pasti cepat membuat lelah. Gerak kuda besi yang meliuk-liuk tak jarang membuat penumpang sendiri mual.

Kalau penumpang bisa beristirahat di kursi, pramugari dan pramugari menyelinap masuk ke sebuah ruang rahasia. Tempat ini disebut Ruang Crew, tempatnya memang tak berada di area penumpang.

"Tempat rahasia kami berada di dekat gerbong makan, namanya Ruang Crew," ujar Gina Salsabila, seorang prami.

Berada tepat di sebelah musala, Ruang Crew terlihat kecil dengan dua bangku panjang berhadapan. Di ruangan inilah prama dan prami bisa duduk santai sambil ngobrol.

Tak ada tempat tidur lipat seperti yang dimiliki awak kabin pesawat. Namun ruang ini menjadi tempat prama dan prami 'bersembunyi' sejenak ketika kelelahan atau sakit.

Ruangan ini dilengkapi dengan satu jendela persis seperti yang ada di gerbong penumpang kereta. Kursi-kursi panjang biasanya ramai oleh deretan kondektur, poluska hingga teknisi.

Pramugari kereta apiPramugari kereta api Foto: (Bonauli/detikcom)

"Sering juga kita semua duduk dempetan, istirahat di sini," ucapnya sambil tertawa.

Kadang mengobrol, memejamkan mata sebentar atau kembali mengecek kelengkapan nota. Begitulah aktivitas di dalam Ruang Crew.

Karena sedikitnya penumpang di era new normal ini, prama dan prami tak jarang buat bersantai di ruang makan. Karena prama dan prami pun dikurangi sesuai dengan jarak tujuan.

Pramugari kereta apiPramugari dan pramugara di Ruang Crew Foto: (Bonauli/detikcom)

Sebelumnya dalam satu keberangkatan jarak jauh ada 4 kru dengan 2 prama dan 2 prami. Kini kereta jarak jauh hanya mempekerjakan 2 kru yang terdiri dari satu prama dan satu prami kereta. "Untuk dinas yang jarak dekat seperti ke Bandung atau Tegal, kru yang ditugaskan hanya satu, bisa prama atau prami," ujarnya.



Simak Video "Eksklusif! Di Balik Perjalanan 14 Jam Pramugara-Pramugari Kereta Api"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA