Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Jul 2020 19:15 WIB

TRAVEL NEWS

Galapagos Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Putu Intan
detikTravel
Destinasi Dunia
Galapagos. Foto: (CNN Travel)
Galapagos -

Kepulauan Galapagos kembali dibuka untuk wisatawan mulai Senin (13/7/2020). Sejumlah objek wisata dan cagar alam lautnya sudah dapat dikunjungi.

Dikutip dari Malay Mail, Rabu (15/7/2020) Kepulauan Galapagos akhirnya membuka diri sejak ditutup pada Maret lalu. Pulau yang dikenal sebagai tempat penelitian evolusi mahkluk hidup itu, dapat dikunjungi dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan.

"Hari ini, dengan protokol biosekuriti, kami membuka kembali situs @parquegalapagos untuk berkontribusi pada revitalisasi ekonomi lokal," kata Menteri Lingkungan Hidup Ekuador, Paulo Proano melalui cuitan di Twitter.

Paulo menjelaskan bahwa setiap pengunjung wajib mengenakan masker dan menggunakan gel disinfektan. Selain itu waktu kunjungan juga dibatasi di beberapa situs rekreasi dekat pelabuhan.

"Maksimal hanya tiga jam," kata Paulo.

GalapagosGalapagos. (Foto: Adrian Vasques/AP)

Galapagos merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO yang mulai membuka pantainya secara bertahap sejak Mei 2020. Ini dilakukan bertepatan saat negara Ekuador mulai melonggarkan lockdown. Terhitung hanya 6 pantai di Taman Nasional Galapagos yang diizinkan untuk dibuka.

Kepulauan Galapagos sendiri terletak di Samudera Pasifik. Jaraknya sekitar 1.000 kilometer dari lepas Pantai Ekuador. Seperti disinggung di awal, pulau ini terkenal sejak Charles Darwin melakukan penelitian tentang keanekaragaman hayati pada abad ke-19.

Beberapa tempat wisata terkenal di Galapagos adalah Tuneles de Lava yang merupakan gua alam. Kemudian ada Los Tuneles yakni gua yang terletak di atas air. Di spot wisata tersebut juga tinggal satwa endemik seperti iguana laut, albatros, sampai penyu.

Wisata Galapagos ini terbilang populer bagi wisatawan. Pada tahun 2019, kepulauan ini didatangi 271.200 wisatawan.

Pria bertemu satwa liar di GalapagosFoto: (Ian Melvin/Instagram)

Tak hanya terkenal dengan wisata dan keanekaragaman hayatinya, di sini juga hidup 30.000 penduduk yang harus dilindungi dari COVID-19. Sampat saat ini, sudah ada 100 orang yang terinfeksi virus Corona.

Sementara itu untuk Ekuador, terdapat 68.500 kasus dengan angka kematian menembus 5.000 orang. Pemerintah Ekuador juga mengatakan, kemungkinan 3.277 orang meninggal lainnya juga terinfeksi virus ini.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA