Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 16 Jul 2020 11:00 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Musang Bule di Jakarta Aquarium

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Fauna di Jakarta Aquarium.
Anak Binturung dengan kelainan warna (dok Jakarta Aquarium)
Jakarta -

Selain satwa laut, Jakarta Aquarium juga mempunyai satwa binturung serupa musang yang langka. Malah, baru melahirkan bayi binturung albino yang lucu.

Kabar gembira datang dari Jakarta Aquarium. Dilihat detikcom dari press release, Rabu (15/7/2020), seekor binturung di sana baru melahirkan bayi menggemaskan 25 Mei 2020.

Bukan sembarang satwa, bayi binturung yang dilahirkan pun bisa disebut istimewa karena berbulu terang alias 'kebule-bulean'. Bagaimana ini bisa terjadi?

Fauna di Jakarta Aquarium.Anak binturung yang memiliki kelainan warna kulit (dok Jakarta Aquarium)

Ini karena bayi binturung terlahir dengan kondisi leucism atau leukistik, yaitu kondisi kehilangan pigmen secara parsial. Normalnya, binturung berwarna gelap, kecokelatan atau kehitaman. Sementara itu, si bayi binturung terlihat kontras dengan orang tuanya, karena terlihat 'bule' dengan bulu yang terang dan kekuningan.

"Jakarta Aquarium menyambut gembira kedatangan bayi binturung yang istimewa ini. Kami juga mengajak masyarakat agar bersuka cita bersama kami dengan cara memberikan nama pada bayi binturung kami. Pemberi nama yang terpilih akan mendapatkan tiket gratis masuk ke Jakarta Aquarium untuk mendapatkan kesempatan melihat sendiri si bayi binturung yang menggemaskan ini," kata Fira Basuki, head of Social, Branding, dan Communication Jakarta Aquarium.

Fauna di Jakarta Aquarium.Binturung dewasa (dok Jakarta Aquarium)

Dalam bahasa Inggris, binturung disebut Bear Cat. Barangkali karena satwa berbulu hitam lebat ini bertampang mirip beruang yang berekor panjang, sementara juga berkumis lebat dan panjang seperti kucing.

Binturung masuk dalam satwa langka akibat adanya penurunan jumlah populasi. Di Indonesia sendiri, spesies ini termasuk dalam satwa yang dilindungi yang diatur dalam UU no. 7 tahun 1999. Binturung bisa ditemukan di wilayah hutan dan pedalaman Sumatra, Jawa dan Kalimantan.

Apabila penasaran ingin melihat si bayi bule binturung, traveler bisa berkunjung ke bagian non Aquatic Jakarta Aquarium di Neo Soho. Ada promo hingga 20 persen diskon bagi pengunjung dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Cuma jangan lupa pakai masker ya!



Simak Video "Kisah di Balik Putri Duyung Cantik nan Memesona"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA