Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 22 Jul 2020 16:03 WIB

TRAVEL NEWS

Persiapan Ibadah Haji, Kiswah Kakbah Mulai Diangkat

Elmy Tasya Khairally
detikTravel
Pengangkatan Kiswah Kabah
Kiswah mulai diangkat dari Kakbah (Reasah Alharamain/Twitter)
Mekah -

Kiswah atau kain penutup kakbah yang mulai diangkat menjadi penanda datangnya bulan haji. Hal ini sudah menjadi rutinitas setiap tahun.

Dikutip dari Al Arabiya oleh detikcom, Rabu (22/7/2020), proses pengangkatan bagian penutup kakbah atau kiswah dilakukan pada menit-menit pertama di bulan Dzulhijjah, yang pada tahun ini jatuh pada hari Rabu (22/7). Biasanya, proses ini dilakukan berhari-hari sebelum para jemaah haji memulai ziarah mereka.

Proses pengangkatan penutup bagian bawah kakbah ini melibatkan sekitar lebih dari 50 orang dari Kompleks King Abdul Aziz untuk kakbah. Kegiatan ini pun didampingi oleh Imam Besar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Dr Abdul Rahman Al-Sudais.



Kiswah terbuat dari sekitar 670 kilogram sutra yang berwarna hitam, 120 kilogram benang emas dan 100 kilogram benang perak. Keindahannya bertambah dengan tulisan ayat-ayat Al Quran di atas kain hitam ini yang juga dijahit dengan benang emas.

Diletakkan sebagai penutup Ka'bah, setiap tahun, para penjaga pintu kakbah akan menaikkan kain hitam ini saat menjelang ibadah haji dan melapisinya dengan kain berwarna putih.

Pihak berwenang di Mekkah telah menetapkan beberapa pedoman kesehatan dan keselamatan untuk haji tahun ini yang diadakan dengan kapasitas yang terbatas, untuk menghindari penyebaran virus Corona. Jumlah jemaah haji tahun 2019 mencapai 2 juta orang Sedangkan tahun ini hanya mencapai 10.000 jamaah.

Pada tahun ini, pelaksanaan Idul Adha dan hari Arafah pun dibatasi. Jemaah umum tidak diizinkan untuk memasuki kawasan Masjidil Haram, hanya orang-orang yang memiliki izin yang diperbolehkan untuk beribadah di dalam kawasan suci ini.



Simak Video "Kesedihan Calon Jemaah Irak, Batal Haji Akibat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA