Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Jul 2020 16:22 WIB

TRAVEL NEWS

Setelah Dilepas, Kain Kiswah Penutup Kakbah Dibawa ke Mana?

Puti Yasmin
detikTravel
Pengangkatan Kiswah Kabah
Foto: (Reasah Alharamain/Twitter)/Setelah Dilepas, Kain Kiswah Penutup Kakbah Dibawa ke Mana?
Jakarta -

Kain kiswah telah menjadi penutup Kakbah selama beberapa tahun silam. Setiap tahunnya, menjelang Idul Adha atau pada 9 Dzulhijjah kain selalu diganti dengan yang baru oleh petugas.

Pada hari itu, jamaah haji akan pergi dan beribadah ke gunung Arafah. Para petugas pun mengganti kain kiswah dengan yang baru menggunakan eskalator seluler.

Kiswah merupakan kain yang menutupi Kakbah di Mekah. Kain penutup Kakbah itu pun diganti setiap tahunnya. Yuk, lihat proses pembuatan kiswah.Ilustrasi Kain Kiswah Foto: Umit Bektas/Reuters

Dikutip dari Al Arabiya, Direktur Jenderal Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Kakbah Ahmad bin Mohammed Al Mansouri mengatakan bahwa benang emas yang terdapat di kain Kiswah akan dihilangkan dari kain. Kemudian, kiswah akan diletakkan di gudang pemerintahan.

Dalam gudang itu, terdapat konservasi teknis agar mencegah reaksi kimia atau bakteri yang bisa merusak kain kiswah yang lama. Kemudian, kain kiswah bisa diberikan untuk museum atau sebagai hadiah bila diminta oleh pejabat otoritas.

Lebih lanjut, Mansouri menjelaskan bahwa kain tersebut terbuat dari 670 kilogram sutra mentah yang diwarnai hitam. Kemudian, kiswah dilapisi sutra berlapis kapas dan disulam dengan 120 kilogram benang emas dan 100 kilogram benang perak.

Kiswah sendiri memiliki panjang mencapai 14 meter dengan lima sisi untuk empat menutupi bentuk persegi Kakbah, dan potongan kelima adalah tirai yang menutupi pintu masuk.

Sementara itu, kain kiswah di Arab Saudi tengah diangkat setinggi tiga meter. Hal itu dilakukan di menit-menit awal bulan Dzulhijjah dan melibatkan 50 petugas.



Simak Video "Batal Naik Haji, Calon Jemaah Haji Tunisia Sumbangkan Uangnya"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA