Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Jul 2020 08:11 WIB

TRAVEL NEWS

Mengenal BOKA Vanguard, Kapal Ojek Terbesar di Dunia

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Kapal angkut BOKA Vanguard
Kapal angkut BOKA Vanguard (Foto: Dok. Boskalis)
Jakarta -

Kapal pesiar tak luput dari kerusakan dan kadang memerlukan tumpangan atau ojek. Nah, yang bisa mengangkut armada super besar itu hanya BOKA Vanguard dan adik-adiknya sebagai ojek terbesar dunia.

BOKA Vanguard merupakan kapal angkutan berat. Dilihat detikTravel dari situs resminya, kapal itu dioperasikan oleh perusahaan asal Belanda, Boskalis.

Boskalis mengoperasikan armada kapal angkut berat semi-submersible khusus terbesar (SSHTV) di dunia. Apa yang biasa diangkut oleh kapal semi tenggelam ini?

"HTV adalah kapal khusus yang digunakan dalam sejumlah pekerjaan di lepas pantai tertentu, seperti pengangkutan rig pengeboran lepas pantai, anjungan produksi minyak, produksi terapung, unit penyimpanan dan pembongkaran (FPSO) dan kargo luar biasa berat lainnya," kata Boskalis.

Kapal-kapal pengangkutnya, termasuk BOKA Vanguard, sudah dirancang dengan stabilitas yang baik sesuai dengan karakteristik laut. Ukurannya juga menjadikan kapal pengangkut, termasuk BOKA Vanguart, berukuran amat besar, sebagai ojek terbesar di dunia.

Kapal angkut BOKA VanguardKapal angkut BOKA Vanguard (Foto: Dok. Boskalis)

"Kami bekerja sama dengan klien kami untuk menyediakan tumpangan kapal yang tepat pada waktu yang tepat di lokasi yang diinginkan," dia menambahkan.

BOKA Vanguard adalah kapal angkut semi-submersible terbaru Boskalis yang sangat canggih. Karena, kapal ini didesain tanpa busur, adanya bagian belakang dan depan, artinya dapat mengakomodasi dari haluan dan buritan.

Menurut berbagai sumber, BOKA Vanguard sebelumnya bernama Dockwise Vanguard. Kapal ini memiliki dek rata berukuran 70 x 275 meter, kargo lebih panjang dan lebih lebar dari geladak bisa diangkutnya.

Kapal angkut BOKA VanguardKapal angkut BOKA Vanguard (Foto: Dok. Boskalis)

Kapal angkut ini berjenis semi-submersible, artinya BOKA Vanguard mampu mengangkut kapal atau kargo lain di atas air, karena sebagian badannya tenggelam. Geladaknya bisa tenggelam hingga 16 meter dan bisa mengangkut kargo seberat 110.000 ton.

Kapal angkut BOKA Vanguard memiliki kapasitas bobot mati seberat 117.000 ton, makanya menjadikan kapal angkut itu sebagai ojek terbesar di dunia. Boskalis sendiri mempunyai 11 kapal angkut yang beroperasi di laut hingga kini.

"Bobot Boskalis adalah pemimpin transportasi laut berat global. Tujuh armadanya memiliki bobot lebih dari 50.000 ton," kata perusahaan.

Di bawah ini daftar kapal angkut super berat dari Boskalis:

1. Boka Vanguard 117.000 ton
2. Blue Marlin 76.061 ton
3. White Marlin 72.000 ton
4. Black Marlin 57.021 ton
5. Trustee 54.013 ton
6. Target 53.868 ton
7. Triumph 53.818 ton
8. Forte 48.000
9. Mighty Servant 1 45.407 ton
10. Transshelf 34.030 ton
11. Mighty Servant 3 27.720 ton.



Simak Video "Kapal Pesiar Asuka 2 di Jepang Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA