Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Jul 2020 08:15 WIB

TRAVEL NEWS

Gowes 4 Tahun ke Mekah, Pemuda Ini Gagal Haji karena Pandemi

Femi Diah
detikTravel
Ghulam Yassin gagal naik haji setelah gowes 4 tahun
Ghulam Yassin gagal naik haji setelah gowes 4 tahun (social media via ArabNews)
Jakarta -

Niat untuk naik haji pemuda ini sudah berada di Mekah sejak tujuh bulan lalu setelah gowes empat tahun dari negaranya. Tapi, harapannya pupus oleh pandemi virus Corona.

Pemuda asal Maroko itu, Ghulam Yassin, membagikan pengalamannya lewat video dan menjadi viral di media sosial. Yassin bilang meninggalkan negaranya dengan bersepeda dan jalan kaki sejak 2017.

Dalam waktu itu, dia melintasi 28 negara dengan bersepeda dan jalan kaki untuk sampai di Arab Saudi.

"Saya menghabiskan waktu empat tahun jalan kaki ke Mekah sehingga saya bisa menunaikan ibadah haji," kata Yassin seperti dikutip Arabnews.

Selama berada di Arab Saudi, Yassin tinggal di Abha dengan tidur di tenda. Dia memasak sendiri dengan peralatan kemping.

Yassin memang menjadikan Arab Saudi sebagai tujuan akhir perjalanannya. Dia berhasrat bisa naik haji tahun ini.

Kendati sudah berada di Arab Saudi tujuh bulan lalu, harapan Yassin pupus. Rencananya dijegal oleh wabah virus Corona sehingga pemerintah Arab Saudi membatasi kuota peserta haji tahun ini.

Tapi, Yassin juga tak bisa meninggalkan negara itu. Dia pun memutuskan untuk tinggal di Abha dengan alasan lebih sejuk dan pemandangannya indah.

"Kerajaan membatasi kuota ibadah haji tahun ini dengan alasan kesehatan. So, saya memutuskan untuk menikmati hari-hari saya karena cuaca sedang bagus. Saya tak menyangka view-nya sebagus ini," kata Yassin.

"Saya berencana berjalan kaki dari Mekah ke Medinah, mengikuti pengalaman Nabi Muhammad. Tapi, saat tiba di Madinah, muncul pandemi virus Corona," dia menambahkan.

"Saya merasakan pengalaman yang hangat setiap hari di sini,' kata dia.

Pengalaman Yassin sampai membuat salah satu warga Arab, Abdulrahman Al-Mutairi, menyambangi Abha, kota tempat tinggal Yassin selama di Arab Saudi. Dia datang untuk menjumpai Yassin dan mengorek kisahnya.

"Kami datang dari Qassim untuk menemuimu. Kamu tamu kami dan tamu dari semua rumah di Arab Saudi. Kami sangat senang dengan kedatanganmu," kata Al-Mutairi.

Al Mutairi terpukau dengan pengalaman Yassin untuk menunaikan ibadah haji dan langkah yang ditempuhnya itu. Dia pun datang tak sekadar untuk mencari tahu dan berkenalan dengan Yassin.

"Alasan kami bersegera ke Abha adalah karena kami tersentuh dengan kisahmu. Saya juga ingin memberimu sesuatu. Kami ingin membiayai naik hajimu tahun depan," kata Al Mutairi.



Simak Video "Kesedihan Calon Jemaah Irak, Batal Haji Akibat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA