Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 31 Jul 2020 20:55 WIB

TRAVEL NEWS

Dieng Mulai Buka Besok, Ini Obyek Wisatanya

Uje Hartono
detikTravel
Telaga Merdada
Foto: (Uje Hartono/detikcom) Telaga Merdada
Banjarnegara -

Obyek wisata di dataran tinggi Dieng mulai dibuka besok, Sabtu (1/8/2020). Hingga saat ini, obyek wisata Candi Arjuna menjadi tujuan utama wisatawan lantaran kerap diselimuti embun es.

Namun selain Candi Arjuna, wisatawan juga bisa mengunjungi wisata lainnya di Dieng. Mulai dari kawah, bukit, telaga, museum, candi, hingga sumur yang erat dengan mitos.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Agung Yusianto mengatakan, selain komplek Candi Arjuna masih ada Kawah Sikidang. Obyek wisata ini unik, karena titik kawah bisa berpindah-pindah dan berukuran besar.

"Sesuai namanya Sikidang yang artinya kijang. Jadi lokasi kawahnya bisa pindah-pindah. Ada juga Kawah Candradimuka. Ini juga menarik, meski berukuran lebih kecil tetapi gejolak atau semburannya lebih tinggi," kata dia saat dihubungi detikcom, Jumat (31/7/2020).

Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa ke Telaga Merdada. Di obyek wisata ini, wisatawan dapat melihat pemandangan alam telaga dan beraneka jenis itik. Ada juga Museum Kailasa.

Komplek Candi Arjuna di DiengKomplek Candi Arjuna di Dieng Foto: (Uje Hartono/detikcom)

"Di museum wisatawan bisa melihat benda bersejarah hingga menonton film. Ada juga Candi Dwarawati yang berada di sebelah utara Desa Dieng Kulon. Ini tidak satu komplek dengan Candi Arjuna. Dan Sumur Jalatunda. Sumur ini mitosnya bisa mengabulkan permintaan jika berhasil melempar batu jika mampu melewati sumur," jelasnya.

Tidak hanya wisata peninggalan, obyek wisata alam juga menarik untuk dikunjungi. Seperti Padang Savana Pangonan, Bukit Scooter dan Telaga Dringo.

"Kalau Telaga Dringo ini seperti Ranu Kumbolo. Dan bukit scooter bisa melihat sunrise. Sedangkan padang savana pangonan hamparan padang rumput. Bisa juga untuk tempat camping," paparnya.

Obyek wisata tersebut berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara. Sedangkan obyek wisata Dieng yang berada di wilayah Kabupaten Wonosobo di antaranya, telaga warna, Sikunir, Gunung Prau, Gunung Bisma.



Simak Video "Sudah Beberapa Hari Fenomena Embun Es Terjadi di Dataran Tinggi Dieng"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA