Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Agu 2020 05:01 WIB

TRAVEL NEWS

Periode Haji, Masjidil Haram Dibersihkan 10 Kali Sehari

Femi Diah
detikTravel
Workers clean and disinfect around the Kaaba on August 1, 2020, traced with lines for easing the physical distancing between pilgrims due to the coronavirus, during the evening before the last day of circumambulation around the shrine, in the Grand mosque of the holy Saudi city of Mecca, during the annual Muslim Hajj pilgrimage (Photo by - / AFP)
Petugas keberishan bersih-bersih area di sekeliling Ka'bah di Masjidil Haram. (AFP/-)
Jakarta -

Ibadah haji tetap digelar tahun ini meskipun dengan jumlah jemaah yang terbatas. Masjidil Haram secara rutin disemprot dengan disinfektan, dibersihkan sepuluh kali per hari, dan diguyur parfum.

Pandemi virus Corona membuat kuota haji dipangkas besar-besaran tahun ini. Pemerintah Arab Saudi hanya menyediakan slot haji kepada sekitar 10 ribu orang dengan sepertiganya warga lokal, barulah sisanya diberikan untuk ekspatriat.

Di tahun-tahun sebelumnya, ibadah haji biasanya diikuti hingga 2,5 orang dari berbagai belahan dunia.

Pembatasan kuota itu untuk meminimalkan penularan virus Corona. Selain itu, protokol kesehatan lain juga diterapkan di Masjidil Haram. Termasuk, penyemprotan Masjidil Haram dengan disinfektan.

Arabnews melaporkan sekitar 2.400 liter cairan disinfektan digunakan untuk membersihkan dan mendisinfeksi Masjidil Haram setiap hari selama musim haji tahun ini. Dari total 2.400 liter itu, sekitar 1.500 liter disinfektan digunakan untuk permukaan lantai dan dinding, 900 liter sisanya untuk sterilisasi manual.

Workers clean and disinfect around the Kaaba on August 1, 2020, traced with lines for easing the physical distancing between pilgrims due to the coronavirus, during the evening before the last day of circumambulation around the shrine, in the Grand mosque of the holy Saudi city of Mecca, during the annual Muslim Hajj pilgrimage (Photo by - / AFP)Petugas kebersihan melakukan bersih-bersih dan menyemprot disinfektan di sekeliling Ka'bah pada 1 Agustus 2020. (AFP) Foto: AFP/-

Tak cuma itu, karpet-karper di Masjidil Haram dan sajadah diberi parfum. Setidaknya, lebih dari 1.050 liter parfum diberikan di dua bagian itu.

Upaya sanitasi itu dilakukan oleh Presiden Umum untuk Urusan Dua Masjid Agung untuk menjaga keselamatan jemaah haji.

Presiden Umum juga menjadwalkan bersih-bersih Masjidil Haram secara teratur. Yakni, sepuluh kali dalam sehari.

Untuk menyelesaikan tugas di Masjidil Haram itu, Presiden Umum untuk Urusan Dua Masjid Agung, yang diwakili oleh departemen umum untuk urusan teknis dan layanan dan departemen kebersihan, mengerahkan lebih dari 3.500 pekerja pria dan wanita.

Jemaah haji tahun ini juga mendapatkan sajadah steril dalam pouch dan air zam-zam kemasan. Sajadah tersebut diberikan sebagai bentuk kampanye dari 'Kami Bangga Melayani Para Jamaah dan Pengunjung'.



Simak Video "Kisah Pria yang Tawaf Seorang Diri di Masjidil Haram"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA