Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Agu 2020 11:18 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Rasanya Naik Pesawat Jakarta-Bali dalam Kondisi Sekarang

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Penerbangan Jakarta-Bali New Normal
Suasana Bandara Soekarno-Hatta Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)
Denpasar -

Bali tetap menjadi destinasi utama bagi traveler yang ingin berlibur atau kegiatan lainnya. Begini keadaan terbaru di rute penerbangannya.

Bali resmi dibuka untuk wisatawan domestik pada tanggal 31 Juli lalu. Pulau Dewata sempat menutup pintunya beberapa bulan.

Tim detikcom melakukan perjalanan ke Bali pada 3 Agustus 2020, dini hari. Dimulai dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 02.00 WIB, kami sudah melihat geliat di bandara, sudah banyak penumpang yang tidur menunggu penerbangannya di kursi tunggu bandara.

Penerbangan Jakarta-Bali New NormalPenerbangan Jakarta-Bali New Normal Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Kata salah satu sumber dari maskapai Citilink, jumlah penumpang pesawatnya melonjak dimulai dari momen lebaran Idul Adha. Diketahui bahwa syarat terbang saat ini sudah dilonggarkan, SIKM (surat izin keluar masuk) Jakarta pun ditiadakan.

Kembali ke perjalanan ke Bali, ketika masuk pertama kali ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, setelah pemeriksaan barang untuk pertama kali, traveler akan menemukan kamera pengawas suhu.

Setelah lolos melewatinya, traveler harus langsung ke bagian KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan). Di sini, surat sakti yang menyatakan Anda bebas COVID-19 atau negatif dari tes Rapid atau swa akan diperiksa.

Penerbangan Jakarta-Bali New NormalPenerbangan Jakarta-Bali New Normal Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Untuk diketahui, surat sakti ini berlaku dua minggu ya.

Setelah itu, seperti biasa, traveler akan menuju ke bagian check-in untuk menyerahkan bagasi kargo. Bedanya, di masa pandemi COVID-19 ini, si pencetak boarding pass ini akan menanyakan lagi surat bebas COVID-19 sebagai pemeriksa kedua dari pihak maskapai.

Setelah itu, traveler akan menuju ke ruang tunggu. Namun sebelum itu, akan ada pemeriksaan surat bebas COVID-19 lagi, setelah lolos, traveler baru bisa masuk ke ruang tunggu dengan sebelumnya akan memasukkan barang ke pemindai x-ray kedua.

Pihak Bandara Soekarno-Hatta telah menerapkan protokol kesehatan dengan adanya jaga jarak di tiap kursi tunggu dan di toilet. Maskapai juga membantu mengingatkan jaga jarak di saat akan masuk ke kabin pesawat.

Penerbangan Jakarta-Bali New NormalPenerbangan Jakarta-Bali New Normal Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Dan..... tim detikcom naik pesawat menuju ke Bali.

Perjalanan dari Jakarta menuju Bali kami tempuh kurang lebih selama dua jam. Untuk diketahui, pesawat yang kami tumpangi hampir terisi full, kosong di kursi tengahnya. Kami pun tiba di Bali.

Penerbangan Jakarta-Bali New NormalPenerbangan Jakarta-Bali New Normal Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Setibanya di Bali, kami langsung bertemu dengan pihak KKP Bandara I Gusti Ngurah Rai. Mereka akan memeriksa dokumen eHAC, kamu harus mengisinya dengan mengunduhnya dahulu dari Play Store atau Apple Store.

Setelah itu, traveler baru bebas mengeksplorasi Bali.



Simak Video "Edukasi dari Pecinta Reptil, Denpasar"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA